Loading...
FOTO
Penulis: Melki Pangaribuan 18:30 WIB | Sabtu, 07 Desember 2013

Adidas Brazuca, Bola Resmi Piala Dunia 2014 di Brazil

Adidas Brazuca,  Bola Resmi Piala Dunia 2014 di Brazil
Mantan kapten tim nasional Brazil, Cafu menunjukkan bola Adidas Brazuca. (Foto-foto: fifa.com)
Adidas Brazuca,  Bola Resmi Piala Dunia 2014 di Brazil
Piala dan bola dipajang di stadion.
Adidas Brazuca,  Bola Resmi Piala Dunia 2014 di Brazil
Adidas Brazuca dengan desain pita enam panel.
Adidas Brazuca,  Bola Resmi Piala Dunia 2014 di Brazil
Brazuca dihiasi dalam nuansa warna biru, emas dan hijau yang merupakan simbol warna kebesaran Brasil.

RIO DE JANIERO, SATUHARAPAN.COM -  Bola resmi yang akan digunakan dalam perhelatan Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil dinamai ‘Adidas Brazuca’, yang sebelumnya diluncurkan secara resmi oleh Komite Penyelenggara dan FIFA dalam sebuah acara pada awal pekan ini (3/12) di Rio de Janiero, Brazil.

Kata “Brazuca” memiliki dua makna. Selain bermakna untuk istilah pemain asal Brazil yang bermain di luar negeri, kata tersebut juga mengungkapkan rasa kebanggaan nasional.

"Saya senang bahwa penggemar sepak bola Brazil memiliki kesempatan untuk memainkan peran mereka dalam menentukan nama dari salah satu simbol (bola) dari peristiwa yang paling penting ini," ungkap Sekretaris Jenderal FIFA, Jérôme Valcke saat itu.

Sementara itu, Produsen bola untuk Piala Dunia sejak 1970, Adidas mengatakan, bola tersebut merupakan terobosan inovasi yang menampilkan revolusi desain enam panel. Bola Brazuca dihiasi dengan desain pita dalam nuansa warna biru, emas dan hijau yang merupakan simbol warna kebesaran Brasil.

Brazuca akan digunakan pada 12 Juni mendatang dalam laga pembukaan di Sao Paulo dan akan berakhir pada 13 Juli di final yang berlangsung di Rio de Janeiro.

Sebelumnya,  bola bernama Jabulani yang digunakan pada Piala Dunia FIFA 2010 di Afrika Selatan mendapatkan banyak kritikan keras dari pemain dan pelatih. Banyak yang menilai Jabulani sebagai bola yang tidak memiliki arah, tidak terduga, dan terlalu gampang memantul ke udara. (FIFA)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home