Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 12:35 WIB | Kamis, 07 September 2023

Afghanistan Kirim 17 Atlet Perempuan di Asian Games China

Bendera Afghanistan diarak pada upacara penutupan Paralimpiade 2020 di Tokyo. (Foto: dok. Reuters)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Komite Olimpiade Afghanistan menyatakan akan mengirimkan 17 atlet putri untuk bertanding di tiga cabang olah raga pada Asian Games di China akhir bulan ini.

Olah raga perempuan di Afghanistan telah hancur sejak Taliban mengambil alih kekuasaan dari pemerintahan yang didukung Barat pada Agustus 2021, menyebabkan banyak perempuan terkemuka meninggalkan negara itu karena takut akan penganiayaan.

Taliban kemudian secara drastis membatasi kebebasan dan hak-hak perempuan, termasuk melarang perempuan dan anak perempuan mengikuti sistem pendidikan di negara tersebut, yang menurut PBB dapat dianggap sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) juga memperingatkan penguasa Taliban di Afghanistan pada bulan Desember bahwa memberikan perempuan dan gadis muda akses yang aman terhadap olah raga adalah syarat keterwakilan negara tersebut di Olimpiade Paris 2024.

“Afghanistan akan bersinar terang karena dengan bangga memiliki jumlah atlet perempuan terbanyak yang pernah menghiasi panggung Asian Games,” kata NOC Afghanistan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (5/9).

“NOC Afghanistan akan menurunkan tim olah raga kelompok putri yang terdiri dari total 17 atlet perempuan fenomenal dan ofisial tim yang berdedikasi di tiga disiplin ilmu: atletik, bersepeda, dan bola voli.”

NOC Afghanistan menambahkan bahwa tiga beasiswa telah diberikan kepada atlet perempuan, “membuka jalan bagi perjalanan luar biasa mereka menuju Olimpiade Paris 2024 yang termasyhur.”

Asian Games di Hangzhou akan digelar pada 23 September hingga 8 Oktober. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home