Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:46 WIB | Minggu, 20 Agustus 2023

WHO: 18,4 Juta Warga Afghanistan Butuh Bantuan Mendesak

Perempuan Afghanistan menunggu untuk menerima paket makanan yang didistribusikan oleh kelompok bantuan kemanusiaan Arab Saudi di pusat distribusi di Kabul, Afghanistan, pada 25 April 2022. (Foto: dok. Reuters)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Pengambilalihan Taliban telah mempercepat krisis kemanusiaan yang mengerikan di Afghanistan dengan 28,8 juta orang di seluruh negeri sekarang membutuhkan bantuan mendesak, naik dari 18,4 juta dua tahun lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Jumat (18/8).

WHO membunyikan alarm karena mereka menggarisbawahi pentingnya meningkatkan investasi dalam penyediaan layanan kesehatan di Afghanistan, terutama di daerah yang kurang terlayani di mana infrastruktur kesehatan sangat kekurangan sumber daya dan tetap rentan karena krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung.

Setelah beberapa dekade ketidakstabilan, diperburuk oleh kekeringan parah dan bencana alam, Afghanistan saat ini menghadapi krisis kemanusiaan yang berkepanjangan, dengan jutaan orang hidup dengan akses miskin atau tidak ada akses ke kesehatan dan makanan, menempatkan mereka pada risiko kekurangan gizi dan wabah penyakit yang parah.

WHO mencatat orang-orang yang membutuhkan bantuan kemanusiaan mendesak telah dipercepat sejak 2021. Taliban merebut kekuasaan pada 15 Agustus 2021 ketika pasukan Amerika Serikat dan NATO menarik diri dari negara itu setelah perang selama dua dekade.

Kerentanan perempuan dan anak perempuan juga semakin meningkat, karena mereka menghadapi hambatan yang semakin besar dalam mengakses layanan kesehatan akibat larangan pendidikan dan partisipasi tenaga kerja.

Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Situasi di Afghanistan sangat parah, dan kurangnya sumber daya dan dana untuk mendukung petugas dan fasilitas kesehatan membuat banyak nyawa dalam bahaya. Perempuan dan anak-anak paling menderita. Saya meminta para donatur untuk memberi dengan murah hati sehingga kami dapat melanjutkan pekerjaan penyelamatan hidup.”

Rencana Tanggap Kemanusiaan Afghanistan yang direvisi WHO untuk tahun 2023 membahas keadaan darurat kesehatan, mengatakan mereka saat ini menargetkan 14 juta orang, termasuk 7,5 juta anak-anak dan 3,1 juta perempuan, untuk bantuan kesehatan, di mana 8,4 juta telah tercapai dalam enam bulan pertama tahun 2023.

Namun, terlepas dari upaya ini dan tanpa dana yang cukup, delapan juta orang di Afghanistan akan kehilangan akses ke bantuan kesehatan yang penting dan berpotensi menyelamatkan jiwa, dan 450.000 pasien akan memiliki sedikit atau bahkan tidak ada akses ke layanan perawatan trauma yang menyelamatkan jiwa, termasuk transfusi darah dan rujukan.

Selain itu, diperkirakan 1,6 juta orang dengan kondisi kesehatan mental akan memiliki sedikit atau bahkan tidak ada akses ke konsultasi kesehatan mental dan dukungan psikososial.

WHO menyoroti konsekuensi mengerikan yang akan terjadi jika kekurangan dana berlanjut dalam sistem perawatan kesehatan Afghanistan.

Sektor kesehatan menghadapi hambatan yang signifikan untuk memberikan layanan holistik kepada rakyat Afghanistan, terutama perempuan dan anak-anak, yang mengakibatkan fragmentasi dan peningkatan kerentanan, khususnya di daerah yang kurang terlayani.

Dr Ahmed Al Mandhari, Direktur Regional WHO untuk Mediterania Timur, mendesak komunitas internasional untuk bersatu dengan WHO guna membantu mengatasi krisis kesehatan kemanusiaan yang sedang berlangsung di Afghanistan.

Dia berkata: “Ini adalah tanggung jawab bersama kita untuk bertindak sekarang untuk mendukung sistem perawatan kesehatan Afghanistan. Konsekuensi dari kelambanan adalah bencana besar dan dapat meninggalkan dampak yang bertahan lama pada kesehatan dan kesejahteraan rakyat Afghanistan.”

Dr Luo Dapeng, Perwakilan WHO untuk Afganistan, juga menyatakan keprihatinan tentang kekurangan dana dari sistem kesehatan dan menekankan perlunya tindakan segera.

Dia berkata: “Situasi di Afghanistan sangat kritis, dan itu menuntut perhatian segera. Untuk negara yang telah dilanda konflik puluhan tahun, kekurangan dana untuk sistem perawatan kesehatan merupakan masalah kemanusiaan yang kritis. Konsekuensi dari kekurangan dana ini tidak dapat dilebih-lebihkan.” (dengan Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home