Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:30 WIB | Jumat, 01 September 2023

Afrika Selatan: 73 Tewas Dalam Kebakaran di Gedung Apartemen

Petugas medis berdiri di dekat mayat-mayat korban kebakaran gedung di Johannesbur, Afrika Selatan, hari Kamis (31/8). (Foto: AP/Jerome Dalay)

JOHANNESBURG, SATUHARAPAN.COM-Kebakaran pada malam hari melanda sebuah gedung apartemen kumuh yang sebagian besar ditempati oleh para tunawisma dan penghuni liar di Johannesburg, memaksa beberapa orang untuk melemparkan bayi dari jendela lantai tiga dalam upaya putus asa untuk menyelamatkan mereka dan menyebabkan sedikitnya 73 orang tewas, hari Kamis (31/8), kata para saksi dan layanan darurat di kota terbesar di Afrika Selatan.

Setidaknya tujuh korban adalah anak-anak, yang termuda berusia satu tahun, menurut juru bicara layanan darurat. Sebuah stasiun televisi Afrika Selatan melaporkan bahwa jumlah korban tewas meningkat menjadi 12 anak, meskipun layanan darurat tidak segera mengkonfirmasi hal tersebut.

Lebih dari 50 orang terluka dan pejabat layanan darurat memperingatkan bahwa jumlah korban tewas masih bisa bertambah karena mereka terus melakukan pencarian di lokasi kejadian lebih dari 12 jam setelah kebakaran terjadi sekitar pukul 01:00.

Puluhan jenazah yang ditemukan oleh petugas pemadam kebakaran tergeletak di pinggir jalan di luar blok apartemen, beberapa di dalam kantong jenazah tetapi yang lain ditutupi dengan lembaran atau selimut perak setelah kantong jenazah habis.

“Selama 20 tahun bekerja di layanan ini, saya belum pernah menemukan hal seperti ini,” kata juru bicara Manajemen Layanan Darurat Johannesburg, Robert Mulaudzi.

Pihak berwenang belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut, namun Mgcini Tshwaku, seorang pejabat pemerintah setempat, mengatakan bukti awal menunjukkan bahwa kebakaran tersebut bermula dari lilin. Penduduk menggunakan lilin dan api sebagai penerangan dan penghangat di musim dingin, katanya.

Petugas pemadam kebakaran berusaha melewati sisa-sisa gubuk dan bangunan informal lainnya yang berserakan di dalam gedung berlantai lima yang terlantar di jantung kawasan pusat bisnis Johannesburg. Asap merembes keluar dari gedung yang menghitam meskipun api telah padam, sementara selimut dan seprai tergantung seperti tali dari jendela yang pecah untuk menunjukkan bagaimana orang-orang menggunakannya untuk mencoba melarikan diri dari api.

Beberapa orang yang selamat menceritakan bagaimana mereka melompat keluar jendela untuk menghindari kobaran api, namun baru setelah itu mereka melemparkan anak-anak mereka ke orang lain di bawah.

“Semuanya terjadi begitu cepat dan saya hanya punya waktu untuk membuang bayi itu,” kata Adam Taiwo, yang berhasil menyelamatkan putranya yang berusia satu tahun dan dirinya sendiri. “Saya juga mengikutinya setelah mereka menangkapnya di bawah.” Taiwo mengaku tidak mengetahui keberadaan istrinya, Joyce.

Seorang saksi yang tinggal di gedung seberang jalan mengatakan dia melihat orang lain juga melemparkan bayi keluar dari gedung yang terbakar dan setidaknya satu orang tewas ketika dia melompat dari jendela di lantai tiga dan menabrak trotoar beton “dengan kepala lebih dulu.”

Sebanyak 200 orang mungkin tinggal di gedung tersebut, kata para saksi, termasuk di ruang bawah tanah, yang seharusnya digunakan sebagai garasi parkir. Yang lain memperkirakan jumlah penghuninya lebih tinggi lagi.

Walikota Johannesburg, Kabelo Gwamanda, mengatakan 141 keluarga terkena dampak tragedi tersebut namun tidak dapat mengatakan secara pasti berapa banyak orang yang berada di dalam gedung ketika kebakaran terjadi.

Banyak orang di dalam adalah warga negara asing, katanya. Hal ini akan menyulitkan pengidentifikasian korban dan pelacakan orang hilang karena kemungkinan besar banyak korban berada di Afrika Selatan secara ilegal, kata pejabat lain, dan tidak memiliki dokumen di Afrika Selatan.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, mengatakan, “ini adalah tragedi besar yang dirasakan oleh keluarga-keluarga yang orang-orang terkasihnya meninggal dengan cara yang mengerikan, dan hati kami turut berduka cita bagi setiap orang yang terkena dampak peristiwa ini.”

Juru bicara Ramaphosa mengatakan dia telah menawarkan bantuan dari badan nasional penanggulangan bencana jika diperlukan.

Johannesburg dinilai sebagai kota terkaya di Afrika namun pusat kotanya kumuh dan sering terabaikan. Bangunan yang terbengkalai dan rusak merupakan hal biasa, dan masyarakat yang sangat membutuhkan akomodasi menggunakannya sebagai tempat berlindung. Pemerintah kota menyebut bangunan tersebut sebagai “bangunan yang dibajak” dan telah menjadi masalah selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun.

Meskipun pemerintah kota banyak yang disalahkan atas kematian tersebut, mereka mengatakan seringkali sulit untuk meminta pengadilan mengeluarkan perintah untuk mengusir para tunawisma dari gedung-gedung tersebut.

Bangunan tersebut dilaporkan dimiliki oleh kota Johannesburg dan dianggap sebagai situs warisan, namun tidak dijadikan sebagai situs warisan ditampung oleh kota. Dulunya merupakan lokasi kantor “pass” yang terkenal kejam di Afrika Selatan, yang mengendalikan pergerakan orang kulit hitam di bawah sistem rasis apartheid, menurut sebuah plakat bersejarah berwarna biru yang tergantung di pintu masuk.

Berbicara di lokasi kejadian, komisaris polisi provinsi Gauteng, Letjen Elias Mawela, mengatakan pihak berwenang mengetahui sekitar 700 bangunan di pusat Johannesburg yang terbengkalai dan ditinggalkan. Dia mendesak pemerintah kota untuk bertindak. "Tutup itu. Gedung itu.” kata Mawela. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home