Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:34 WIB | Senin, 01 Januari 2024

Aktivis Pro Demokrasi Hong Kong Mencari Suaka di Inggris

Aktivis Pro Demokrasi Hong Kong Mencari Suaka di Inggris
Demonstrastor pro independen Hong Kong, Tony Chung, kiri, ikut berbaris selama tahuan Demonstrasi Tahun Baru di Hong Kong, pada 1 Januari 2019. (Foto: dok. AP/Kin Cheung)
Aktivis Pro Demokrasi Hong Kong Mencari Suaka di Inggris
Aktivis pro demokrasi Hong Kong, Agnes Chow, ketika datang ke pengadilan di Hong Kong pada 23 November 2020. (Foto: dok. Vincent TYu)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Seorang aktivis yang mengadvokasi kemerdekaan Hong Kong dan dipenjara berdasarkan undang-undang keamanan nasional melarikan diri ke Inggris untuk mencari suaka politik, menurut postingan media sosialnya pada hari Jumat (29/12).

Tony Chung termasuk orang pertama yang dihukum berdasarkan undang-undang yang diberlakukan Beijing setelah protes pro demokrasi tahun 2019. Dia dinyatakan bersalah melakukan pemisahan diri dan pencucian uang pada tahun 2020 dan dijatuhi hukuman 43 bulan penjara.

Dalam dua postingan Instagram pada hari Jumat (29/12), Chung merinci bagaimana pihak berwenang mengawasinya dengan cermat setelah dia dibebaskan dari penjara: Dia diminta untuk bertemu dengan otoritas keamanan nasional secara teratur dan melaporkan kepada mereka tentang di mana dia berada, dengan siapa dia bertemu dan percakapannya, dan pihak berwenang menawarkan untuk membayarnya untuk mendapatkan informasi tentang orang lain guna membuktikan bahwa dia telah melakukan reformasi. Mereka juga mengusulkan agar dia pergi ke daratan China.

Chung mengatakan dia diminta menandatangani dokumen yang melarang dia mengungkapkan percakapannya dengan pihak berwenang, jadi dia tidak bisa mencari bantuan dari pengacara mana pun atau memberi tahu siapa pun tentang situasinya.

“Di bawah tekanan dan ketakutan yang sangat besar, saya hanya bisa bertahan dalam diam,” katanya. Pihak berwenang Hong Kong tidak segera membalas permintaan komentar dari Associated Press.

Intimidasi yang dihadapi oleh para pembangkang Hong Kong seperti Chung mencerminkan erosi drastis terhadap kebebasan yang dijanjikan kepada bekas jajahan Inggris itu ketika mereka kembali ke China pada tahun 1997. Namun pemerintah Beijing dan Hong Kong memuji undang-undang keamanan tersebut karena membawa stabilitas di kota tersebut.

Polisi Hong Kong telah menawarkan imbalan atas informasi yang mengarah pada penangkapan 13 kegiatan yang berbasis di luar negeri dan menuai kritik dari pemerintah negara-negara Barat.

Sebelumnya pada bulan Desember, aktivis pro demokrasi terkemuka Agnes Chow, yang meninggalkan Hong Kong menuju Kanada dan tidak berencana kembali untuk memenuhi persyaratan jaminannya, melaporkan tekanan serupa dari pihak berwenang. Paspornya, yang sebelumnya disita oleh polisi, baru dikembalikan kepadanya setelah memenuhi persyaratan tertentu, termasuk kunjungan ke daratan China bersama pihak berwenang, katanya.

Dalam balasan email kepada AP, polisi Hong Kong mengatakan Chow tidak hadir di kantor polisi pada hari Kamis seperti yang disyaratkan dan melanggar persyaratan jaminannya, dan berjanji bahwa mereka “tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk membawanya ke pengadilan.” Media lokal, termasuk South China Morning Post, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa orangtuanya pergi ke kantor polisi untuk membantu penyelidikan mereka pada hari Jumat (29/12).

Chung adalah ketua organisasi mahasiswa pro kemerdekaan Studentlocalism yang sekarang sudah bubar sebelum ditangkap pada tahun 2020 di dekat konsulat Amerika Serikat di Hong Kong, di mana laporan media mengatakan dia berharap untuk mencari perlindungan.

Menurut postingan Instagram-nya, Chung berada di bawah perintah pengawasan Departemen Layanan Pemasyarakatan kota selama setahun setelah dibebaskan dari penjara, dan dilarang berbicara di depan umum.

Pada bulan September, katanya, otoritas keamanan nasional memintanya melakukan perjalanan ke daratan China, namun dia mengatakan kepada mereka bahwa dia tidak bersedia melakukannya. Pihak berwenang kemudian menanyakan apakah dia enggan karena masih terlibat dalam kegiatan yang membahayakan keamanan nasional.

Chung mengatakan dia mulai merasa sakit dari waktu ke waktu sejak bulan Oktober. Dokter Barat dan China memberi tahu dia bahwa sistem kekebalan tubuhnya melemah karena dia berada di bawah tekanan mental yang sangat besar. Dia kemudian membujuk otoritas lembaga pemasyarakatan untuk mengizinkannya pergi ke Okinawa, Jepang, untuk berlibur guna mengendalikan emosinya. Selama perjalanan, dia mencari bantuan dari organisasi dan orang-orang yang berbasis di luar negeri. Dia tiba di Inggris dari Jepang pada hari Rabu (27/12) untuk mencari suaka.

“Ini juga berarti saya tidak bisa lagi kembali ke rumah saya, Hong Kong, dalam waktu dekat,” katanya. “Meskipun aku telah mengantisipasi datangnya hari ini di masa lalu, aku memiliki hati yang berat ketika mengambil keputusan.”

Di masa depan, Chung mengatakan dia akan mengabdikan dirinya untuk kotanya sebagai “warga Hong Kong di pengasingan.”

“Saya percaya hanya jika masyarakat Hong Kong tidak menyerah, benih kebebasan dan demokrasi akan tumbuh kembali suatu hari nanti,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home