Loading...
INDONESIA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 15:03 WIB | Senin, 28 Maret 2016

“Agar Tak Korupsi, Baca Kehidupan dengan Hati”

D Zawawi Imron. (Foto: nu.or.id)

MADURA, SATUHARAPAN.COM – “Untuk mencegah dan menghindari perilaku korupsi, salah satu caranya ialah melalui membaca kehidupan dengan hati,” kata Budayawan, D Zawawi Imron, saat menjadi pembicara dalam pengukuhan dan ceramah kebudayaan serta santunan anak yatim oleh Forum Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (FAPMII) Universitas Islam (UI) Madura di SMKN 3 Pamekasan, hari Minggu (27/3).

Menurut Zawawi, “Orang-orang banyak korupsi dikarenakan pengetahuan agamanya hanya dari mata dengan kertas, tidak menggunakan mata hati dengan kehidupan.”

Penyair “Celurit Emas” ini melihat betapa para pejabat yang terjerat kasus korupsi di negeri ini nyaris semuanya berasal dari orang-orang yang pernah mengenyam pendidikan. “Itu menandakan bahwa mereka tidak pernah menjalani kehidupan ini dengan hati,” katanya.

"Salah satu ciri seseorang yang selalu membaca kehidupan dengan hati ialah menghayati betapa masih banyak kaum dhuafa yang terabaikan, dan kemiskinan menerpa banyak anak bangsa di negeri ini. Dengan begitu, untuk melakukan korupsi, mereka bakal berpikir seribu kali. Muaranya, urung melakukan perilaku tidak suci itu," ujar Zawawi.

Acara yang dihadiri oleh beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan ini, dihibur oleh RMC Music Group dan Paduan Suara Bintang Sembilan PMII UI Madura. (nu.or.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home