Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:55 WIB | Sabtu, 11 November 2023

Ahli Bedah Lakukan Transplantasi Bola Mata Utuh di New York University

Ini yang pertama dilakukan dalam transplantasi seluruh bola mata pada manusia.
Foto keluarga ini memperlihatkan Aaron James dan putrinya, Allie pada September 2022. (Foto: NYU Langone Health via AP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Para ahli bedah telah melakukan transplantasi seluruh mata manusia yang pertama di dunia, sebuah tambahan yang luar biasa untuk transplantasi wajah, meskipun masih terlalu dini untuk mengetahui apakah pria tersebut dapat melihat melalui mata kirinya yang baru.

Kecelakaan dengan kabel listrik bertegangan tinggi telah menghancurkan sebagian besar wajah dan satu mata Aaron James. Mata kanannya masih berfungsi. Namun ahli bedah di New York University (NYU) Langone Health berharap penggantian wajah yang hilang akan menunjuukkan hasil kosmetik yang lebih baik untuk wajah barunya, dengan mendukung transplantasi rongga mata dan kelopak mata.

Tim NYU mengumumkan pada hari Kamis (9/11) bahwa sejauh ini, mereka telah melakukan hal tersebut. James sedang dalam masa pemulihan setelah menjalani transplantasi ganda pada bulan Mei lalu dan mata yang didonasikannya terlihat sangat sehat.

"Rasanya enak. Saya masih belum memiliki gerakan apa pun di dalamnya. Kelopak mataku, aku belum bisa berkedip. Tapi saya mulai merasakan sensasinya sekarang,” kata James kepada The Associated Press saat dokter memeriksa perkembangannya baru-baru ini.

“Anda harus memulai dari suatu tempat, harus ada orang pertama di suatu tempat,” tambah James, 46 tahun, dari Hot Springs, Arkansas. “Mungkin Anda akan belajar sesuatu darinya yang akan membantu orang berikutnya.”

Saat ini, transplantasi kornea, jaringan bening di depan mata, umum dilakukan untuk mengobati beberapa jenis kehilangan penglihatan. Namun transplantasi seluruh mata, bola mata, suplai darahnya, dan saraf optik penting yang harus menghubungkannya ke otak, dianggap sebagai langkah maju dalam upaya menyembuhkan kebutaan.

Apapun yang terjadi selanjutnya, operasi yang dilakukan James menawarkan para ilmuwan sebuah jendela yang belum pernah ada sebelumnya tentang bagaimana mata manusia mencoba untuk menyembuhkan.

“Kami tidak mengklaim bahwa kami akan memulihkan penglihatan,” kata Dr. Eduardo Rodriguez, kepala bedah plastik NYU, yang memimpin transplantasi. “Tetapi tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa kita sudah selangkah lebih dekat.”

Beberapa spesialis khawatir mata akan cepat mengkerut seperti kismis. Sebaliknya, ketika Rodriguez membuka kelopak mata kiri James bulan lalu, mata berwarna hazel yang disumbangkan itu tampak montok dan penuh cairan seperti mata birunya sendiri. Dokter melihat aliran darah baik dan tidak ada tanda penolakan.

Sekarang para peneliti telah mulai menganalisis pemindaian otak James yang mendeteksi beberapa sinyal membingungkan dari saraf optik yang sangat penting namun terluka.

Seorang ilmuwan yang telah lama mempelajari cara mewujudkan transplantasi mata menyebut operasi ini menarik. “Ini adalah validasi yang luar biasa” terhadap percobaan pada hewan yang membuat mata yang ditransplantasikan tetap hidup, kata Dr. Jeffrey Goldberg, ketua oftalmologi di Universitas Stanford.

Tantangannya adalah bagaimana menumbuhkan kembali saraf optik, meskipun penelitian pada hewan telah menunjukkan kemajuan, Goldberg menambahkan. Dia memuji “keberanian” tim NYU dalam melakukan perbaikan saraf optik dan berharap transplantasi ini akan mendorong lebih banyak penelitian.

“Kami benar-benar berada di ambang jurang untuk dapat melakukan hal ini,” kata Goldberg.

James bekerja di sebuah perusahaan saluran listrik pada bulan Juni 2021 ketika dia tersetrum oleh kabel listrik. Dia hampir mati. Akhirnya dia kehilangan lengan kirinya sehingga membutuhkan prostetik. Mata kirinya yang rusak sangat menyakitkan hingga harus diangkat. Berbagai operasi rekonstruksi tidak dapat memperbaiki luka parah di wajah termasuk hidung dan bibirnya yang hilang.

James menjalani terapi fisik sampai dia cukup kuat untuk mengantar putrinya Allie ke upacara mudik sekolah menengah, dengan mengenakan masker wajah dan penutup mata. Namun ia tetap membutuhkan selang pernapasan dan makanan, dan ingin sekali mencium, mengecap, dan makan makanan padat lagi.

“Dalam pikiran dan hatinya, itu dia, jadi saya tidak peduli, Anda tahu, dia tidak punya hidung. Tapi saya peduli hal itu mengganggunya,” kata istrinya, Meagan James.

Transplantasi wajah masih jarang dan berisiko. James hanya yang ke-19 di AS, yang kelima telah dilakukan Rodriguez. Eksperimen mata menambah kompleksitas lebih lanjut. Namun James memperkirakan keadaannya tidak akan lebih buruk jika mata yang didonasikannya gagal.

Tiga bulan setelah James dimasukkan dalam daftar tunggu transplantasi nasional, donor yang cocok ditemukan. Ginjal, hati dan pankreas dari donor, seorang pria berusia 30-an, menyelamatkan tiga orang lainnya.

Selama operasi 21 jam yang dilakukan James, para ahli bedah menambahkan eksperimen lain: Ketika mereka menyambungkan saraf optik yang disumbangkan ke sisa saraf optik asli James, mereka menyuntikkan sel induk khusus dari donor dengan harapan dapat mempercepat perbaikannya.

Bulan lalu, kesemutan menandakan penyembuhan saraf wajah. James belum bisa membuka kelopak matanya, dan memakai penutup mata untuk melindunginya. Namun saat Rodriguez menekan matanya yang tertutup, James merasakan sensasi, meskipun di hidungnya, bukan di kelopak matanya, mungkin sampai saraf yang tumbuh lambat bisa diorientasikan kembali. Dokter bedah juga mendeteksi gerakan halus yang dimulai dari otot di sekitar mata.

Lalu datanglah melihat lebih dekat. Dokter mata NYU, Dr. Vaidehi Dedania, melakukan serangkaian tes. Dia menemukan kerusakan yang diperkirakan terjadi pada retina penginderaan cahaya di bagian belakang mata. Namun dia mengatakan tampaknya ia memiliki cukup sel khusus yang disebut fotoreseptor untuk melakukan tugas mengubah cahaya menjadi sinyal listrik, yang merupakan salah satu langkah dalam menciptakan penglihatan.

Biasanya, saraf optik kemudian akan mengirimkan sinyal tersebut ke otak untuk diinterpretasikan. Saraf optik James jelas belum sembuh. Namun ketika cahaya disinari ke mata yang didonorkan selama MRI, pemindaian tersebut mencatat semacam sinyal otak.

Hal ini membuat para peneliti bersemangat dan bingung, meskipun ini bukan tipe yang tepat untuk penglihatan dan mungkin hanya kebetulan saja, Dr. Steven Galetta, ketua neurologi NYU memperingatkan. Hanya waktu dan penelitian lebih lanjut yang dapat menjawabnya.

Namun, operasi ini menandai “tour de force teknis,” kata Dr. David Klassen, kepala petugas medis di United Network for Organ Sharing, yang menjalankan sistem transplantasi di negara tersebut. “Anda dapat belajar banyak hal dari satu transplantasi” yang dapat memajukan bidang ini.

Adapun James, “kami hanya menjalaninya satu per satu,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home