Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 14:51 WIB | Senin, 04 Januari 2016

Ahok: Saya Ingin Orang Jakarta Bayar Bus Murah

Ilustrasi. Seorang petugas saat mengarahkan salah satu calon penumpang yang menggunakan sistem e-ticketing di halte bus Manggarai, Jakarta Selatan. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ingin warga Jakarta dapat membayar angkutan umum atau bus dengan biaya yang murah. Di tahun 2016 ini, dia akan berfokus pada pembenahan transportasi umum agar masyarakat dapat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum.

"Saya mau berikan uang untuk warga DKI bukan untuk beli motor dengan bunga murah, atau bensin murah, atau parkir murah. Saya mau berikan orang Jakarta naik bus-nya murah," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, hari Senin (4/1).

Rencananya, Ahok ingin membeli ribuan bus untuk menggantikan bus-bus sedang yang sudah bobrok, seperti Metro Mini, Kopaja, dan Kopami. Para pengusaha angkutan umum juga akan diajak bergabung dengan BUMD Transjakarta. Sehingga Pemprov DKI Jakarta akan mudah memberikan subsidi kepada penumpang.

"Nah tujuannya saya ingin maksa seluruh pemain bus untuk di bawah DKI saja, dibayar rupiah per kilometer. Nah ini juga akan memudahkan orang Jakarta mendapatkan subsidi,” kata Basuki.

Rencananya, semua angkutan umum yang sudah berada di bawah naungan Transjakarta, tarifnya hanya sebesar Rp 3.500.

Selain pembenahan transportasi, Ahok juga akan berfokus pada pembangunan rumah susun dan pembelian tanah di mana anggarannya akan bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016. (beritajakarta.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home