Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 16:53 WIB | Kamis, 22 Desember 2022

Airlangga: Perundingan IEU CEPA Akan Selesai Tahun 2023

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, berbicara di acara Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2023, di Jakarta, Rabu (21/12/2022). (Foto: tangkap layar video)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa perundingan perjanjian kerja sama ekonomi komprehensif antara Indonesia dengan Uni Eropa (Indonesia-European Comprehensive Economic Partnership Agreement/IEU CEPA) akan diselesaikan pada tahun 2023.

“IEU CEPA diharapkan selesai pada 2023,” katanya dalam seminar Outlook Perekonomian Indonesia 2023 di Jakarta, hari Rabu (21/12).

Dalam kunjungan ke Uni Eropa, Presiden Jokowi mengamanatkan agar perundingan IEU CEPA yang sudah berjalan tujuh tahun segera difinalisasi. Pada saat yang sama di 2023 perekonomian nasional diprediksi mengalami pelemahan, tetapi tetap bertumbuh sekitar 4,7 sampai lima persen.

Indonesia juga akan berfokus menjalankan keketuaan ASEAN di 2023 dan melanjutkan perundingan perjanjian kerja sama ekonomi dengan negara-negara anggota Asia Pasific Economic Cooperation (APEC).

“Kemudian kami juga akan mengawal proses implementasi Undang-undang Cipta Kerja pada 2023 dan UU P2SK yang baru disahkan, serta mengawal pembangunan Proyek Strategis Nasional,” katanya.

Airlangga menambahkan dalam Presidensi G20 di Bali, Indonesia membuat komitmen strategis global berupa pandemic fund senilai 1,5 miliar dolar AS. Special drawing right juga disepakati dari Internasional Monetary Fund dalam bentuk reseliensi fund senilai 81,6 miliar dolar AS dan dana penanganan perubahan iklim senilai 100 miliar dolar AS untuk beberapa negara.

“Dalam G20 juga dilakukan partnership for global infrastructure investment dengan investasi 600 miliar dolar AS dan khusus untuk Indonesia diakui sebesar 20 miliar dolar AS,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home