Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 12:40 WIB | Selasa, 21 Juli 2015

Aktivitas Pasar-pasar di Jakarta Masih Sepi

Ilustrasi. Salah satu gerai grosir di pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sejumlah pasar besar di ibu kota masih tampak lengang seusai Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah. Di Pasar Tanah Abang, aktivitas perdagangan masih belum normal. Kondisi ini terjadi karena sejumlah pedagang di pasar tersebut masih mudik.

Hanya tampak beberapa toko di Jalan Jatibaru hingga Jalan Kebon Jati yang telah buka seusai Lebaran. Sejumlah kendaraan juga tampak melakukan bongkar muat pakaian, meski tidak menimbulkan kemacetan karena lalu lintas masih cukup lengang.

Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, Yadi Rusmayadi mengatakan, aktivitas Pasar Tanah Abang diperkirakan akan normal seperti biasa dalam beberapa waktu ke depan. Selama liburan, menurutnya petugas tetap melakukan pemantauan dan patroli rutin.

"Seluruh personel yang piket di wali kota dan wilayah terus aktif melakukan pemantauan, tapi untuk besok sebanyak 80 petugas akan kembali berjaga seperti biasanya," kata Yadi hari Selasa (21/7).

Selain itu, di Pasar Serdang, Kemayoran dan Pasar Senen juga masih tampak lengang dan tidak dipenuhi oleh pembeli seperti biasanya.

Menurut pengakuan beberapa pdagang, merosotnya jumlah pembeli sudah berlangsung sejak malam takbiran atau Kamis (16/7) malam. Pada H+1 dan H+2 Lebaran, beberapa pedagang juga memilih tidak berjualan karena nyaris tidak ada pembeli yang datang ke pasar. Tingkat pengunjung di kedua pasar ini pun menurun drastis dibanding hari biasa atau pada saat menjelang Idul Fitri.

Sejumlah pedagang juga mempediksi jumlah pengunjung belum normal hingga pekan depan. Warga biasanya masih memiliki stok makanan sisa Lebaran. (beritajakarta.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home