Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:09 WIB | Sabtu, 20 Juli 2013

Ancaman Diabetes di Balik Segarnya Soft Drink

( Minuman ringan/soft drinks dalam kemasan kaleng.

SATUHARAPAN.COM- Sebuah penelitian menunjukan bahwa minum satu  kaleng atau lebih soft drink atau minuman ringan dapat meningkatkan risiko sakit diabetes. Ilmuwan Eropa mengatakan, mengonsumsi satu kaleng soft drinks sehari dapat memicu sekitar seperlima persen dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi satu kaleng sebulan.

Fakta ini didapat dari laporan jurnal diabetalogia yang menunjukan kasus-kasus kesehatan yang pernah ditemukan di US. Sebuah kelompok peduli diabetes menganjurkan masyarakat untuk membatasi makanan dan minuman yang mengandung gula karena kandungan kalorinya yang tinggi selain dapat memicu diabetes juga memiliki andil dalam menaikkan berat badan.

Penelitian terbaru yang dilakukan di sejumlah Negara, yaitu Inggris, Jerman, Italia, Denmark, Spanyol, Swedia dan Prancis. Dari data kuesioner yang dibagikan kepada kurang lebih 350.000 orang dan hasil studi di Eropa menemukan hubungan antara diet dan penyakit kanker.

”Mengkonsumsi minuman ringan (soft drinks) yang mengandung gula dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Jadi jika anda minum satu kaleng soft drinks sehari akan beresiko lebih tinggi,” demikian dikatakan oleh pemimpin penelitian Dora Romaguera dari Imperial College London.  Ia menegaskan dengan serius kepada masyrakat akibat dari mengkonsumsi minuman ringan yang mengandung gula.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home