Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 05:54 WIB | Sabtu, 06 Agustus 2022

Anda Sering Jadi Target Gigitan Nyamuk, Ini Alasannya

Nyamuk. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

SATUHARAPAN.COM-Udara panas dan kelembaban yang tinggi mengundang nyamuk dan membuat kita jengkel. Terkadang rasanya seperti mereka sengaja menargetkan Anda secara pribadi. Mengapa nyamuk mengejarmu?

Nyamuk jantan hanya bertahan hidup dengan nectar dan cairan dari tanaman, sedangkan yang betina membutuhkan darah, termasuk darah manusia, untuk proses produksi telur.

Nyamuk tidak hanya mengganggu; menurut beberapa perkiraan, sekitar tiga  juta orang meninggal setiap tahun karena penyakit menular melalui gigitan nyamuk. Serangga nyamuk betina, serangga kecil ini, adalah salah satu spesies paling berbahaya di dunia.

Beberapa negara menghadapi masalah nyamuk yang menularkan penyakit menular malaria atau demam berdarah, yang ditularkan melalui gigitan. Meski di negara tertentu penyakit itu sudah tidak, ada, namun kehadiran nyamuk pasti sangat mengganggu, terutama di malam hari.

Bagaimana Nyamuk Memilih Korbannya?

Pada tahun 2015, peneliti Amerika menemukan bahwa nyamuk memilih korbannya menggunakan tiga indera: Penciuman, penglihatan, dan panas, seperti dikutip The Jrusalem Post. Jadi mengapa mereka memilih menggigit Anda? Ada banyak alasan, beberapa di antaranya dapat Anda ubah dan beberapa di antaranya adalah bagian dari gen Anda sehingga Anda terjebak untuk disengat.

Nyamuk Menggigitmu karena Anda Kepanasan

Ya, nyamuk menyerbu rumah kita di musim terpanas dan paling menindas dan alasannya cukup jelas. Saat kita berkeringat, kita mengeluarkan asam laktat, asam urat, amonia, dan senyawa lainnya. Bau ini yang menyenangkan dan menarik bagi nyamuk bagaikan bau roti yang mendorong kita untuk masuk ke toko roti.

Aktivitas fisik yang membuat kita berkeringat meningkatkan akumulasi asam laktat yang menarik nyamuk. Hindari aktivitas fisik yang berat sebelum tidur, dan atur AC ke suhu rendah yang menyenangkan yang akan membuat Anda tetap sejuk dan bebas gigitan.

Nyamuk Menggigitmu karena Anda Minum Minuman Beralkohol

Nyamuk betina menyukai alkohol. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2002 oleh peneliti Jepang menemukan bahwa nyamuk betina lebih tertarik pada subjek yang minum bir dalam sebuah percobaan.

Para peneliti berasumsi bahwa alasannya terletak pada peningkatan etanol, senyawa kimia yang ditemukan dalam darah, dan peningkatan suhu tubuh akibat alkohol. Namun tidak ada yang tahu mengapa nyamuk lebih memilih bir daripada minuman beralkohol lainnya.

Nyamuk Menggigitmu karena Golongan Darahmu

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Medical Entomology menemukan bahwa nyamuk tertarik pada orang dengan golongan darah O, dua kali lebih banyak daripada orang dengan golongan darah A. Golongan darah B berada di tengah-tengah, dan tidak jelas untuk apa situasinya bagi orang dengan golongan darah AB.

Statistik menarik lainnya adalah bahwa 85% dari kita mengeluarkan zat yang memungkinkan nyamuk untuk mengidentifikasi golongan darah kita. Studi menunjukkan bahwa nyamuk akan lebih menyukai orang-orang ini terlepas dari golongan darah mereka.

Nyamuk Menggigitmu karena Menyukai Pakaianmu

Sama seperti kita, nyamuk juga "makan dengan mata", dan bentuk "mangsa" mereka muncul sangat mempengaruhi pilihan mereka. Jika Anda ingin membuat diri Anda menjadi mangsa yang kurang menarik, kenakan warna yang lebih terang.

Warna gelap seperti hitam dan merah membuat Anda lebih menonjol, dan nyamuk dapat menemukan Anda. Menghabiskan malam di alam? Anda harus melengkapi diri Anda dengan banyak pakaian cerah yang tidak akan menarik serangga ini.

Nyamuk Menggigitmu karena Kulitmu Menarik

Keseimbangan bakteri yang hidup di kulit Anda menarik nyamuk. Beberapa penelitian telah menunjukkan berbagai jenis bakteri pada kulit kita.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa orang dengan bakteri di tubuh mereka mendapatkan lebih banyak gigitan nyamuk daripada mereka yang memiliki bakteri di wajah mereka.

Ini menjelaskan mengapa nyamuk tertentu lebih tertarik pada pergelangan kaki dan kaki yang merupakan tempat yang sangat subur untuk hidup bakteri. (TJP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home