Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 14:31 WIB | Jumat, 16 April 2021

Aneka Jenis Soto di Nusantara Wajib Dicicipi

Aneka soto. (Foto: google)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Nusantara kaya akan ragam jenis makanan. Daerah satu ke daerah yang lain memiliki keunikannya masing-masing.Akan tetapi walaupun begitu, ada juga kesamaanya. Misalnya saja soto.

Di beberapa daerah, ada yang memiliki menu soto. Apakah soto-soto ini sama?

Berikut ini beberapa jenis soto yang ada di nusantara yang wajib diketahui dan wajib untuk dicicipi.

1. Soto Kudus

Secara umum, soto merupakan jenis makanan yang dicirikan oleh banyaknya kuah. Selain itu di dalam soto juga diisi oleh irisan daging. Entah itu daging ayam, daging kerbau, daging sapi, daging bebek, atau pun daging kambing.

Soto kudus, sesuai namanya jelas berasal dari daerah Kudus. Soto ini mempunyai kekhasan pada bentuk penyajiannya, yaitu memakai mangkuk yang kecil. Tauge, kol, daging ayam, atau daging kerbau merupakan isian dari soto Kudus. Akan tetapi, khusus untuk isian daging kerbau itu biasanya hanya ada di Kudus saja. Jika kita menyantapnya di luar Kudus, itu pasti daging ayam.

Konon hal itu karena di luar Kudus, daging kerbau susah dicari. Dengan tambahan irisan seledri, bawang goreng, serta bawang putih goreng, soto Kudus menjadi semakin sedap disantap.

2. Soto Lamongan

Soto yang satu ini memilki beda yang jelas dari soto yang lainnya, yaitu menggunakan bumbu koya. Suatu bubuk gurih yang dibuat dari udang serta bawang. Kekhasannya yang lain dari Soto Lamongan ini juga bisa dilihat dari pilihan ayam kampung yang dimasukkan ke dalamnya. Hal ini konon karena ayam kampung bisa membuat kaldu soto semakin gurih dan tidak bau amis. Soto Lamongan bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat, termasuk di luar Lamongan.

3. Soto Lenthok

Familiar dengan soto ini? Jika tiidak, maka wajib mencicipinya. Soto Lenthok berasal dari Yogyakarta. Jika soto di daerah lain hanya menggunakan daging sebagai bahan utamanya, maka soto ini menggunakan lenthok. Yaitu singkong (telo) yang dihaluskan dan kemudian diberi bumbu dan lalu dibentuk bulat yang digoreng. Mungkin kita bisa menyebut lenthok ini sebagai perkedel singkong. Rasanya jelas gurih dan lezat.

4. Soto Medan

Soto lain pada umumnya menggunakan kuah bening tanpa santan. Nah soto medan berwarna putih kekuning-kuningan. Hal ini karena Soto medan ditambahkan santan. Suwiran ayam, kentang goreng, serta telur rebus menjadi isian dari Soto medan ini. Di beberapa tempat, Soto medan ini ada juga yang ditambahkan tauge dan bihun. Rasanya jelas gurih dan lezat.

5. Soto Banjar

Sesuai namanya, soto yang satu ini berasal dari Kalimantan, tepatnya daerah Banjar, Kalimantan Selatan. Daging ayam merupakan isian utama dari soto Banjar ini. Rempah-rempahnya sendiri terdiri atas kayu manis, biji pala, dan juga cengkeh. Perkedel dan telor seringkali menjadi pelengkap di dalam menyantap soto Banjar. Tak lupa, tambahan lontong atau ketupat menjadikan soto Banjar semakin sedap disantap.

6. Soto Betawi

Betawi juga memiliki menu makanan berupa soto. Kuahnya ditambahkan santan dan juga susu. Jelas, campuran ini membuat soto Betawi semakin gurih. Pala, cengkeh, serta kapulaga adalah rempah yang digunakannya. Adapun irisan daging, paru, emping, dan acar mentimun menjadi isiannya. Di beberapa tempat, soto Betawi juga ditambahkan jeroan, mata, hati, atau bahkan torpedo sapi.

7. Soto Mie Bogor

Bogor mungkin saja dekat dari Jakarta. Akan tetapi sotonya sangat berbeda. Bogor memiliki soto yang bernama soto mie Bogor. Dan ya, sesuai dengan namanya, soto mie Bogor ada mie di dalamnya. Sepintas, soto mie Bogor itu mirip dengan mie rebus. Urat dan kaki sapi, risoles, serta babat menjadi isiannya yang lain selain mie kuning. Semangkuk soto mie Bogor sudah cukup membuat kenyang. Tanpa perlu tambahan nasi atau pun lontong.

8. Soto Bandung

Soto yang berasal dari Bandung ini memiliki kuah yang bening. Lobak dan juga irisan daging menjadi isian dari soto ini. Irisan tomat, seledri, kedelai goreng, kerupuk, jeruk nipis, kecap manis, dan sedikit sambal, membuat soto Bandung semakin enak disantap. Tambahan sepiring nasi putih akan membuat waktu makan menjadi sangat nikmat.

9. Soto Madura

Ya, soto ini berasal dari Madura. Mirip dengan soto yang lain. Daging sapi, telur rebus, kentang goreng, dan juga tauge menjadi isian di dalam soto Madura ini. Bisa juga ditambahkan babat, usus dan juga paru sapi. Sebagian soto Madura juga ada yang menambahkan bihun, kol, telur rebus, ayam, serta tauge. Rasanya juga enak dan nikmat.

Itu dia sembilan aneka jenis soto yang ada di nusantara. Selain ke-9 soto tersebut masih banyak daerah lain yang memiliki resep soto juga. Misalnya saja soto Padang, soto Makassar, soto Kebumen, soto Surabaya, soto Pacitan, dan juga soto Sokaraja. Semuanya memiliki kekhasan masing-masing.

Sudah pernah mencoba soto mana saja? Jika belum semua, ayo dicoba dan cek harga tiket Lion Air di sini untuk bisa langsung ke daerah tersebut. Siapa tahu bisa traveling ke sana dengan harga yang murah.

Jangan lupa ya, selalu disiplin di dalam menerapkan protokol kesehatan. Supaya kita tetap sehat dan semua hal berjalan lancar!

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home