Loading...
SAINS
Penulis: Francisca Christy Rosana 11:14 WIB | Selasa, 13 Januari 2015

Anies Baswedan: Manusia Adalah Investasi Terbaik

Ilustrasi. Para sisiwa SMA saat meminta berfoto selfie bersama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan usai acara upacara peringatan Hari Guru Nasional ke-69 tahun di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Selatan. (Foto: dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

MEDAN, SATUHARAPAN.COM – “Manusia adalah investasi terbaik”. Begitulah sepenggal kalimat yang diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan saat menjadi pembicara dalam Seminar Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, di Medan akhir pekan lalu.

Mendikbud menambahkan, sejatinya investasi yang paling baik bukan sumber daya alam, melainkan investasi manusia dengan meningkatkan mutu dan kualitas manusianya.

"Memang untuk mengubah kualitas manusia dan pendidikan tidak berefek dengan cepat seperti speed boat, namun seperti kapal tanker, baru dapat dilihat dalam satu dekade," ujarnya seperti dikutip situs resmi kemdiknas.go.id.

Dalam seminar tersebut, Mendikbud menyampaikan materi berjudul “Revolusi Mental Bidang Pendidikan Menyongsong MEA”. Dalam menghadapi MEA, ujarnya, mutu pendidikan harus ditingkatkan agar mampu bersaing.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan siswa, peningkatan mutu guru juga harus diutamakan. Perubahan kurikulum, ujarnya, harus diiringi juga dengan peningkatan kualitas guru.

Ia juga menegaskan agar guru tidak hanya berperan sebagai pengajar dan pendidik, tetapi juga harus bisa menjadi sumber inspirasi bagi para siswa.

Selain itu, Mendikbud juga mengingatkan agar orang tua juga memegang peranan penting dalam pendidikan seorang anak sehingga bisa menghasilkan generasi berkualitas.

"Dari orang tua dan guru, karakter atau akhlak murid terbentuk. Karakter dan akhlak menentukan bagaimana nantinya anak-anak ke depannya," ujar Mendikbud.

Turut hadir dalam seminar tersebut, mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad sebagai keynote speaker dengan materi berjudul “Kesiapan Umat Islam Menyongsong MEA”.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home