Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:34 WIB | Sabtu, 27 April 2024

Hamas Munculkan Lagi Kemungkinan Kompromi Solusi Dua Negara

Namun demikian Israel dan negara Barat, sekutunya, tidak percaya.
Khalil al-Hayya, pejabat tinggi Hamas yang mewakili kelompok militan Palestina dalam negosiasi gencatan senjata dan kesepakatan pertukaran sandera, berbicara saat wawancara dengan The Associated Press, di Istanbul, Turki, Rabu, 24 April 2024 . (Foto: AP/Khalil Hamra)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM-Kelompok militan Palestina, Hamas, mengatakan bahwa setelah selama lebih dari 15 tahun mereka dapat menerima kompromi solusi dua negara dengan Israel – setidaknya untuk sementara. Namun Hamas juga menolak mengatakan bahwa mereka akan mengakui negara Israel atau menghentikan perjuangan bersenjata melawannya.

Bagi Israel dan banyak negara lainnya, terutama setelah serangan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang terbaru di Gaza, hal ini merupakan bukti bahwa Hamas masih bertekad untuk menghancurkan Israel. Amerika Serikat dan negara-negara Eropa telah bergabung dengan Israel dalam menghindari kelompok militan yang mereka labeli sebagai organisasi teroris.

Bagi sebagian pengamat, Hamas telah mengisyaratkan potensi pragmatisme yang dapat membuka jalan menuju solusi. Namun ketidakjelasan kelompok tersebut ketika mencoba menyesuaikan diri dengan posisinya telah memicu kecurigaan.

Hamas menawarkan “gencatan senjata” jangka panjang, bukan perdamaian langsung. Mereka telah membatalkan janji terbuka untuk menghancurkan Israel namun mendukung “perlawanan bersenjata” – dan mengatakan mereka akan berjuang untuk pembebasan seluruh “tanah Palestina.”

Dalam pernyataan terakhirnya, pejabat senior Hamas, Khalil al-Hayya, mengatakan kepada Associated Press dalam sebuah wawancara pada hari Rabu bahwa kelompok tersebut akan meletakkan senjatanya dan berubah menjadi partai politik jika negara Palestina merdeka didirikan di Tepi Barat dan Jalur Gaza di sepanjang perbatasan sebelum tahun 1967.

Meskipun ia kembali berbicara tentang gencatan senjata, jarang sekali ada usulan agar Hamas membubarkan sayap bersenjatanya.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, telah berjanji untuk menghancurkan Hamas setelah serangan militan tersebut pada 7 Oktober di Israel selatan. Netanyahu telah berulang kali menolak pembentukan negara Palestina dan, menurut para kritikus, berupaya melemahkan Otoritas Palestina yang berbasis di Tepi Barat yang telah mengakui Israel.

Berikut ini beberapa perbedaan dalam posisi Hamas, di masa lalu dan sekarang:

Pembicaraan tentang Pemerintaha Persatuan Palestina

Pada tahun 2006, setelah Hamas memenangkan pemilihan legislatif Palestina, Hamas mengadakan pembicaraan dengan Presiden Otoritas Palestina (PA), Mahmoud Abbas, mengenai pemerintahan persatuan. Di tengah perundingan, Ismail Haniyeh – yang saat ini adalah pemimpin politik utama Hamas – mengatakan bahwa kelompok tersebut mendukung negara Palestina sesuai dengan garis tahun 1967 “pada tahap ini, tetapi sebagai imbalan atas gencatan senjata, bukan pengakuan.”

Kedua belah pihak akhirnya mencapai kesepakatan di mana pemerintah persatuan, termasuk Hamas, akan “menghormati” perjanjian perdamaian Otoritas Palestina dengan Israel. Ini adalah formula yang memungkinkan Hamas untuk tidak menerima perjanjian tersebut dan mengakui Israel.

Israel dan Amerika Serikat menolak mengakui pemerintah persatuan dan menjatuhkan sanksi ekonomi. Pemerintahan dengan cepat runtuh di tengah pertempuran antara Hamas dan faksi Fatah pimpinan Abbas – yang berakhir dengan pengambilalihan Gaza oleh Hamas pada tahun 2007.

Pada tahun 2008, pemimpin politik Hamas, Khaled Mashaal, mengatakan pihaknya akan menerima sebuah negara di Tepi Barat dan Gaza serta gencatan senjata 10 tahun dengan Israel. Dia menolak mengakui Israel, namun dia menyarankan Hamas akan menyetujui perjanjian perdamaian permanen dengan Israel jika Palestina menerimanya melalui referendum.

Sejak itu, Hamas dan PA Abbas telah melakukan beberapa putaran perundingan persatuan, seringkali muncul dengan variasi dalam pernyataan mengenai pendirian Hamas. Upaya persatuan selalu dirusak oleh persaingan sengit antara faksi-faksi tersebut dalam memperebutkan kekuasaan dan penolakan negara-negara Barat untuk menerima pemerintahan yang mencakup Hamas kecuali mereka secara jelas mengakui Israel.

Piagam Baru Tahun 2017

Setelah diskusi internal selama bertahun-tahun, Hamas mengeluarkan platform politik baru pada tahun 2017 yang menghadirkan perubahan dramatis dari piagam aslinya, yang dikeluarkan pada tahun 1988.

Piagam tahun 1988 memaparkan konflik Israel-Palestina dalam konteks agama yang tegas. Pernyataan tersebut berbicara tentang “perjuangan kami melawan orang-orang Yahudi,” menegaskan bahwa tanah tersebut adalah milik umat Islam dan menyatakan bahwa jihad, atau perang suci, adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan permasalahan Palestina.

Dokumen tahun 2017 menghilangkan sebagian besar retorika agama dan antisemitisme dan malah menyajikan isu-isu yang berkaitan dengan hak asasi manusia, termasuk hak pengungsi untuk kembali dan hak untuk menolak pendudukan. Dikatakan bahwa perjuangannya bukan melawan orang-orang Yahudi tetapi melawan Zionisme, yang mereka sebut sebagai proyek “kolonial” yang telah merampas tanah warga Palestina dan menindas kebebasan mereka.

Dokumen tersebut mengabadikan penerimaan semu Hamas terhadap sebuah negara di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Dikatakan bahwa negara seperti itu, dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya dan kembalinya pengungsi Palestina, merupakan “konsensus nasional.”

Meski begitu, mereka mengatakan mereka menolak “alternatif apa pun selain pembebasan Palestina secara penuh dan menyeluruh, dari sungai hingga laut.” Wilayah tersebut mencakup wilayah yang sekarang disebut Israel, dan dalam konteks agenda Hamas, pernyataan tersebut dipandang oleh Israel sebagai seruan untuk menghancurkannya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home