Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 21:03 WIB | Minggu, 05 Januari 2014

Apa Warna Kulit Yesus?

Yesus berkulit putih saat kita searching di Google. (Sumber: Google)

SATUHARAPAN.COM – Selama dua ribu tahun, ia telah disembah dan dipuja. Banyak orang melihat dia setiap hari. Namun tidak ada yang benar-benar tahu wajah Yesus.

Namun, itu tidak menghentikan imajinasi manusia, atau kerinduan untuk menarik Yesus sedekat mungkin. Jadi, ketika muncul perdebatan mengenai apakah Yesus adalah seorang laki-laki kulit putih, itu menghantam saraf kesakralan.

“Pernyataan itu menyinggung banyak aspek,” kata Rockwell Dillaman, pendeta Gereja Allegheny Center Alliance di Pittsburgh. “Aspek politik, spiritual, dan emosional. Terutama dalam budaya seperti kita, saat hubungan orang kulit putih dengan etnis lain sering ditandai oleh ketidakadilan dan ketidakpercayaan.”

Mengapa kita harus peduli dengan perawakan dan penampilan Yesus? Jika pesannya adalah Allah dan kasih, bukankah ras menjadi tidak relevan? Ada yang bilang Tuhan menghendakinya, karena tidak ada referensi untuk penampilan duniawi Yesus dalam Alkitab.

Tapi perdebatan ini adalah pengingat betapa sulitnya bagi siapa saja untuk mengatasi ras—bahkan tokoh sejarah yang secara luas dianggap berada di luar kemanusiaan.

“Saya merasa menarik bahwa itulah yang orang benar-benar ingin tahu—apa ras Yesus. Ini mengungkapkan hal banyak tentang kami, tentang Amerika hari ini,” kata Edward Blum, penulis The Color of Christ: The Son of God and the Saga of Race in America.

"Yesus berkata banyak hal tentang dirinya—Saya ilahi, saya anak manusia, Akulah terang dunia,” kata Blum. “Apa ras dari terang? Bagaimana Anda secara ras mengategorikan terang?”

Yesus dapat dengan aman dikategorikan sebagai orang Yahudi, lahir sekitar 2.000 tahun lalu di Timur Tengah di tempat yang sekarang wilayah Palestina. Oleh karena itu, banyak ahli percaya bahwa Yesus pasti terlihat “Arab” dengan kulit kecokelatan.

“Hari ini, dalam kategori kami, kami mungkin akan menganggapnya sebagai ras kulit berwarna,” kata Doug Jacobsen, seorang profesor sejarah gereja dan teologi di Messiah College.

Pandangan itu ditentang oleh Fox News tuan Megyn Kelly sambil mengkritisi kolom Slate.com berjudul “Santa Claus Should Not Be a White Man Anymore.”

“Yesus adalah seorang laki-laki kulit putih, juga,” kata Kelly meluncurkan diskusi nasional tentang sejarah, tradisi dan bagaimana Natal Putih seharusnya.

Pernyataannya menarik tanggapan dari teguran berapi-api untuk sanggahan ilmiah.

“Ini hanya pernyataan yang salah,” kata Jacobsen. “Ini adalah pernyataan bodoh, bukan sekadar pernyataan salah.”

Jonathan Merritt menulis di The Atlantic: “Jika Yesus mengambil penerbangan paling malam dari San Francisco ke New York hari ini, Yesus mungkin harus menjalani pemeriksaan keamanan tambahan.”

Jika hal ini begitu jelas, mengapa untuk pencarian gambar Google untuk “Yesus” menghasilkan gambar yang tak terhitung jumlahnya yang menampilkan profil orang Eropa dengan rambut lurus, kulit putih, dan, sering, mata biru? Mengapa itu juga citra umum di Amerika, dari jendela kaca patri untuk film sampai buku anak-anak?

Gambar-gambar pertama dari Yesus muncul beberapa ratus tahun setelah kematiannya, kata Blum. Beberapa digambarkan dia dalam bentuk hewan, seperti singa atau domba. Blum mengatakan bahwa dari sekitar 700-1500 Masehi, berbagai gambar Yesus tumbuh dan berkembang di seluruh Eropa, Timur Tengah dan Afrika Utara--termasuk gambar Yesus berkulit hitam.

“Orang-orang di setiap kebudayaan menggambarkan Yesus tampak seperti orang yang mereka kenal,” kata Jacobsen. “Mereka menggambarkan dia sebagai salah satu dari mereka sendiri.”

Dillaman, pendeta, memiliki buku yang menawarkan gambar Alkitab dari budaya dunia yang berbeda—lukisan “The Last Supper” dengan semua tokoh semua orang Thai, gambar Yesus sebagai orang cina atau Afrika. “Semua etnis ini berusaha untuk menangkap Yesus di kulit mereka sendiri, jika Anda mau,” katanya.

Namun dalam kerinduan manusia untuk mengidentifikasi dengan suci, jalan lain akan diabaikan.

“Panggilan kami adalah untuk mengenal Tuhan karena ia dan untuk mengasihi Allah dengan segenap keberadaan kita dan menjadi serupa dengan gambaran Kristus,” kata Dillaman, “daripada membuatnya terlihat seperti kita.”

Pada 1500-an, Blum mengatakan, 90 persen dari orang Kristen adalah penduduk Eropa. Saat Eropa menjajah dunia, mereka membawa Yesus putih dengan mereka.

Di Amerika, gambar Yesus putih mulai menyebar luas di awal 1800-an, menurut Blum, bertepatan dengan kenaikan dramatis dalam jumlah budak, dorongan untuk bergerak penduduk asli Amerika barat, dan kemampuan manufaktur tumbuh.

Hari ini, gambar Yesus putih sudah mendarah daging dalam budaya Amerika. “Ketika kita hidup di dunia dengan satu miliar gambar Yesus putih, kita dapat mengatakan ia tidak putih, tetapi fakta individu dunia kita mengatakan sesuatu yang berbeda,” kata Blum.

“Yesus adalah putih tanpa kata-kata. Ini pada tingkat asumsi,” kata Blum. “Diajukan jauh di dalam hati adalah asumsi bahwa Yesus adalah seorang laki-laki kulit putih. Dari situlah saya pikir (Kelly) menyimpulkan.”

Juga ada keinginan untuk memasukkan Yesus dalam klasifikasi rasial modern. Di Amerika hari ini, logika ini berjalan, orang-orang Yahudi berkulit  putih. Yesus adalah seorang Yahudi, Yesus harus putih.

Namun, orang-orang Yahudi tidak berasal dari Eropa, dan selama berabad-abad dianggap tidak masuk ras kulit putih. Hanya baru-baru ini mereka telah pindah ke Amerika mereka digolongkan sebagai ras “putih” bersama dengan Irlandia dan Italia.

“Kategori putih dan hitam, berdasarkan pengalaman orang Amerika, hal itu menjadi tidak masuk akal untuk menerapkannya kepada Yesus,” kata Joseph Curran, seorang profesor agama di Universitas Misericordia.

“Kesimpulan yang terbaik adalah dilihat dari asal daerah. Berdasarkan itu,  Yesus tampak seperti orang Palestina karena ia berasal dari daerah itu,” kata Curran. “Apakah itu berarti dia hitam atau putih? Saya tidak berpikir kategori tersebut menjadi masalah.”

Untuk Carol Swain, seorang pakar ras di Vanderbilt University dan “Pengikut Yesus Kristus yang percaya pada Alkitab,” seluruh perdebatan sama sekali tidak relevan.

"Apakah dia putih, hitam, Hispanik, apa pun yang Anda ingin menyebutnya, apa yang penting adalah bahwa orang-orang menemukan makna dalam hidupnya,” kata Swain.

“Sebagai orang Kristen kita percaya bahwa ia mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa kita,” katanya. “Bagi saya itu satu-satunya bagian dari cerita yang penting. Bukan tentang warna kulit dia.” (huffingtonpost.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home