Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 11:38 WIB | Kamis, 16 Januari 2014

Apple Ganti Rugi Pembelian Aplikasi Tanpa Izin

Tampilan toko aplikasi App Store milik Apple. (Foto: screenshot)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Apple setuju mengembalikan uang sekitar 32,5 juta dolar Amerika (sekitar Rp 386,2 miliar) kepada para konsumennya di Amerika Serikat atas pembelian yang dilakukan anak-anak melalui App Store online tanpa sepengetahuan orangtua mereka, ujar regulator AS pada Rabu (15/1).

Federal Trade Commission (FTC) mengatakan Apple juga setuju untuk mengubah praktik tersebut, yang hingga saat ini memungkinkan anak-anak untuk melakukan pembelian pada iPhone atau iPad 15 menit setelah password dimasukkan.

Pimpinan FTC Edith Ramirez mengatakan Apple tidak memberitahukan para orangtua mengenai jeda 15 menit yang memungkinkan anak-anak untuk melakukan pembelian aplikasi, yang berkisar mulai dari harga satu dolar hingga 100 dolar Amerika.

Ramirez mengatakan kepada para reporter bahwa dikarenakan hal tersebut, “anak-anak menghabiskan jutaan dolar tanpa sepengetahuan dan izin orangtua mereka,” melanggar aturan federal.

Konsumen “akan mendapatkan ganti rugi penuh” untuk setiap biaya yang dikeluarkan tanpa izin tersebut, tambahnya.

Ramirez mengatakan FTC percaya ada “ribuan konsumen yang terkena dampak tersebut” dan akan mendapatkan ganti rugi.

CEO Apple Tim Cook, dalam sebuah surat kepada para karyawan yang diperoleh dan di-posting oleh situs 9to5mac, mengatakan perusahaan telah mengikuti aturan dan praktik yang diminta para regulator AS.

“Keputusan persetujuan yang diusulkan FTC tidak mengharuskan kami untuk melakukan sesuatu yang belum akan kami lakukan, jadi kami memutuskan untuk menerimanya daripada mengambil jalur hukum yang panjang dan mengganggu,” kutip pernyataan Cook.

Memo Cook mengatakan Apple telah “mendengar dari beberapa pelanggan dengan anak-anak mereka bahwa terlalu mudah untuk melakukan pembelian aplikasi, jadi kami bergerak cepat untuk melakukan perbaikan.”

Dia mengatakan perusahaan mengirim email kepada 28 juta pelanggan App Store menawarkan pengembalian uang dan “ketika beberapa email sudah menumpuk, kami mengirimkan kartu pos kepada para orang tua.”

“Secara keseluruhan, kami menerima 37.000 klaim dan kami akan memberikan ganti rugi kepada masing-masing dari mereka seperti yang dijanjikan,” kata Cook dalam memo tersebut. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home