Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 22:09 WIB | Jumat, 17 April 2020

Arab Saudi: Jika Pandemi Berlanjut, Tarawih dan Salat Idul Fitri di Rumah

Umat ​​Muslim berdoa di Masjidil Haram dalam ibadah haji di kota suci Mekah, Arab Saudi. (Foto: dok. Reuters)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM-Tarawih selama bulan Ramadhan dan Salat Ied akan dilakukan di rumah, jika pandemi virus corona masih berlanjut. Hal itu sebagai tindakan pencegahan terhadap penyebaran virus, kata mufti besar Arab Saudi, Abdul Aziz bin Abdullah bin Mohammed Al El-Sheikh, pada hari Jumat (17/4).

Dia menambahkan bahwa salat Idul Fitri akan dilakukan di rumah tanpa khotbah yang mengikutinya, seperti dilaporkan kantor berita Arab Saudi, SPA dan media setempat, Arab News.

Pengumuman itu dikeluarkan sepekan sebelum bulan Ramadhan datang. Imam besar Grand mengatakan bahwa salat malam berjamaah atau tarawih tidak akan diadakan di masjid-masjid tahun ini, sesuai dengan langkah-langkah pencegahan yang diterapkan untuk mecegah penyebaran virus.

Jika wabah berlanjut sampai bulan suci, salat Idul Fitri bersama juga harus diadakan di rumah, tambahnya. Idul Fitri adalah hari libur keagamaan di mana umat Islam menandai akhir bulan Ramadhan.

Umat ​​Muslim biasanya berbaris, berdampingan, saling menyentuh bahu ketika salat berjamaah, namun, beberapa negara berpenduduk mayoritas Muslim termasuk Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, dan lainnya telah menangguhkan salat berjamaah di masjid-masjid hingga pemberitahuan lebih lanjut untuk mencegah penyebaran virus. Mesir secara resmi menangguhkan semua acara buka puasa bersama dan kegiatan awal bulan ini sebagai tindakan pencegahan.

Arab Saudi juga telah meminta umat Islam di seluruh dunia untuk menunda rencana mereka untuk naik haji dan umrah di tengah ketidakpastian seputar pandemi virus corona baru (COVID-19), kata Menteri Haji dan Umrah.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home