Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:33 WIB | Sabtu, 14 Agustus 2021

AS Akan Evakuasi Ribuan Staf Kedutaan dan Penerjemah dari Afghanistan

Tentara Afghanistan, kiri, berjalan melewati seorang tentara Angkatan Darat Amerika Serikat di luar pangkalan militer di Panjwai, Provinsi Kandahar di selatan Kabul, Afghanistan, pada 11 Maret 2021. (Foto: dok. AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Sebagian besar pasukan Amerika Serikat dalam misi untuk mengevakuasi staf kedutaan besar Kabul akan tiba pada hari Minggu (15/8) dan akan siap untuk mengangkut ribuan orang per hari, kata Pentagon.

Marinir pertama telah tiba di bandara internasional Kabul sebagai bagian dari misi yang diperintahkan sehari sebelumnya oleh Presiden Joe Biden ketika Taliban membuat kemajuan besar setelah penarikan pasukan AS.

"Saya berharap pada akhir pekan sebagian besar dari 3.000 (pasukan) akan ditempatkan," kata juru bicara Pentagon, John Kirby, kepada wartawan, hari Jumat (13/8).

Sekitar 4.200 orang bekerja pada pekan ini di kedutaan besar di ibu kota Afghanistan dan ribuan lagi warga Afghanistan yang menjabat sebagai penerjemah atau peran pendukung lainnya dalam misi 20 tahun AS, ingin melarikan diri karena takut akan pembalasan Taliban.

“Kapasitas tidak akan menjadi masalah,” kata Kirby tentang pengangkutan udara. “Kami akan dapat memindahkan ribuan per hari.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home