Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:29 WIB | Jumat, 10 Februari 2023

AS: China Operasikan Balon Mata-mata Sejak Beberapa Tahun

Gambar yang disediakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat ini menunjukkan para pelaut yang ditugaskan ke Grup Pembuangan Persenjataan Peledak 2 memulihkan balon pengintai ketinggian tinggi di lepas pantai Pantai Myrtle, S.C., 5 Februari 2023. (Foto: US Navy via AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM - Balon udara mata-mata China yang ditembak jatuh di lepas pantai Carolina Selatan adalah bagian dari program pengawasan besar yang telah dilakukan China selama "beberapa tahun," kata Pentagon, hari Rabu (8/2).

Ketika balon serupa melewati wilayah Amerika Serikat pada empat kesempatan selama pemerintahan Trump dan Biden, AS tidak segera mengidentifikasi mereka sebagai balon pengintai China, kata Brigjen. Jenderal Pat Ryder, sekretaris pers Pentagon. Namun dia mengatakan "analisis intelijen selanjutnya" memungkinkan AS untuk mengonfirmasi bahwa mereka adalah bagian dari upaya mata-mata China dan mempelajari "lebih banyak" tentang program tersebut.

Dia menolak memberikan rincian baru tentang balon-balon sebelumnya. Saat ditekan, Ryder hanya akan mengatakan bahwa balon terbang di atas "situs yang menarik bagi orang China". Salah satu insiden yang mungkin terjadi adalah Februari lalu.

Mayor Jenderal Kenneth Hara, ajudan jenderal di Hawaii, men-tweet tentang balon di atas Kauai setahun yang lalu. Dia mengatakan Komando Indo-Pasifik AS “mendeteksi objek ketinggian tinggi yang mengambang di udara di sekitar Kepulauan Hawaii” dan mengirim pesawat untuk mencegatnya. Dia mengatakan mereka secara visual mengkonfirmasi bahwa itu adalah balon tak berawak tanpa tanda pengenal.

Ryder menolak mengatakan apakah ini salah satu dari empat insiden sebelumnya yang telah didiskusikan AS. Pacific Air Forces, Komando Angkatan Udara di Indo-Pasifik, mengatakan bahwa balon tersebut tidak ditembak jatuh.

Balon baru-baru ini ditembak jatuh oleh jet tempur militer AS pada hari Sabtu (4/2). Angkatan Laut dan Penjaga Pantai masih bekerja untuk memulihkan potongan balon yang jatuh agar dapat dianalisis.

China mengklaim itu adalah balon sipil yang digunakan untuk penelitian meteorologi dan mengkritik tajam AS karena menembak jatuhnya.

Menanggapi pertanyaan tentang penjelasan China, Ryder mengatakan pada hari Rabu bahwa, "Saya dapat meyakinkan Anda bahwa ini bukan untuk tujuan sipil ... kami 100% jelas tentang itu."

Ryder mengatakan Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara mulai melacak balon tersebut saat mendekati wilayah udara AS. Itu melewati utara Kepulauan Aleut pada 28 Januari dan sebagian besar bergerak melintasi daratan melintasi Alaska dan kemudian ke wilayah udara Kanada sebelum menyeberang kembali ke AS melewati Idaho utara pada 31 Januari, kata pejabat AS.

Pejabat tinggi administrasi memberi pengarahan kepada anggota Kongres tentang program pengawasan balon China dalam sesi rahasia pada hari Rabu dan Kamis. Avril Haines, direktur intelijen nasional; Wakil Sekretaris Negara Wendy Sherman; Jenderal Glen VanHerck, kepala Komando Utara AS; dan Colin Kahl, wakil menteri pertahanan untuk kebijakan, termasuk di antara mereka yang memberi pengarahan kepada anggota parlemen.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan AS telah memberi pengarahan kepada puluhan negara tentang program tersebut, yang menurut para pejabat telah aktif di lima benua.

“Amerika Serikat bukan satu-satunya target,” katanya pada konferensi pers dengan kunjungan kepala NATO Jens Stoltenberg. Blinken mengatakan dia dan Stoltenberg telah berbicara tentang “tantangan sistemik dan taktis” yang diajukan China terhadap aliansi tersebut dan pentingnya memerangi mereka.

Negara-negara asing akan mencakup negara-negara yang diyakini AS telah diawasi di masa lalu serta sekutu NATO.

Stoltenberg menyetujui sifat ancaman China, dengan mengatakan bahwa insiden balon tersebut “mengkonfirmasi pola perilaku China” dan mencatat bahwa Beijing telah “berinvestasi besar-besaran dalam kemampuan militer baru, termasuk berbagai jenis platform pengawasan dan intelijen.”

“Kami juga melihat peningkatan aktivitas intelijen China di Eropa,” katanya. “Kita hanya harus waspada. Kita perlu menyadari risiko intelijen China yang terus-menerus dan meningkatkan apa yang kita lakukan untuk melindungi diri kita sendiri.”

Pengarahan itu berlanjut pada hari Rabu, dan Departemen Luar Negeri telah mengirim telegram ke semua kedutaan dan konsulat AS yang menguraikan kasus pemerintah terhadap China dan menginstruksikan para diplomat Amerika untuk membahas poin-poin ini dengan pemerintah tuan rumah mereka. Namun, kabel tersebut kurang spesifik dari apa yang telah diinformasikan kepada sekutu dan mitra.

Di lepas pantai South Carolina, sementara itu, penyelam Angkatan Laut mulai menarik potongan balon mata-mata China yang jatuh dari kedalaman dasar laut pada hari Selasa, menggunakan drone pengintai canggih yang dijuluki Kingfish dan Swordfish untuk menemukan puing-puing.

Ryder mengatakan agen dari FBI dan Dinas Investigasi Kriminal Angkatan Laut sedang membuat katalog puing-puing dan mengangkutnya untuk diproses lebih lanjut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home