Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:33 WIB | Jumat, 10 Februari 2023

Jepang dan Filipina Sepakat Tingkatkan Hubungan Pertahanan

Ini dilakukan untuk antisipasi ambisi teritorial China di Asia.
Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida.(Foto: dok. David Mareuil/pool via AP)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM  - Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, dan Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr., menandatangani perjanjian penting untuk meningkatkan hubungan pertahanan mereka pada Kamis (9/2) karena Asia melihat ketegangan seputar pengaruh China yang meningkat.

Marcos mengunjungi Jepang segera setelah dia dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin, mencapai kesepakatan untuk mengizinkan Amerika Serikat akses yang lebih besar ke pangkalan militer Filipina untuk mengendalikan ambisi teritorial China.

Pengaturan pertahanan yang merupakan salah satu kesepakatan paling penting yang  ditandatangani ketika Marcos dan Kishida bertemu Kamis malam akan memungkinkan pasukan Jepang untuk mengikuti lebih banyak latihan dan menanggapi bencana alam di Filipina.

Ini bisa mengarah pada perjanjian serupa dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Kedua negara kepulauan itu tahun lalu mengadakan pembicaraan keamanan “2+2” pertama mereka antara menteri pertahanan dan menteri luar negeri mereka, sepakat untuk memperkuat hubungan pertahanan mereka.

Pemerintah Kishida pada bulan Desember mengadopsi peningkatan keamanan dan pertahanan utama, termasuk kemampuan serangan balik yang melanggar prinsip pasca perang hanya pertahanan diri Jepang, sementara juga menggandakan pengeluaran pertahanannya dalam lima tahun.

Jepang di bawah strategi baru juga akan menggunakan bantuan pembangunannya untuk mendukung negara-negara miskin karena mereka memperkuat keselamatan maritim dan kemampuan keamanan lainnya. Ini dimaksudkan untuk melawan pengaruh regional China yang berkembang.

Pada hari Kamis, Kishida mengumumkan bantuan ekonomi untuk meningkatkan infrastruktur, tanggap bencana, dan kemampuan keselamatan maritim Filipina.

Perjanjian baru yang ditandatangani dengan Filipina memungkinkan Jepang untuk mengerahkan pasukannya untuk misi kemanusiaan dan tanggap bencana di Filipina, sebuah pengaturan yang ingin ditingkatkan oleh Jepang untuk memasukkan kerja sama pertahanan di masa depan, kata para ahli.

“Ketika Anda berpikir tentang stabilitas di kawasan dan jalur laut serta pencegahan terhadap ketegasan maritim China, memperdalam kerja sama dengan Filipina sangat penting untuk keamanan Jepang dan Amerika Serikat,” kata Heigo Sato, profesor dan pakar pertahanan Universitas Takushoku. “Memiliki akses ke pangkalan di Filipina akan memperluas opsi strategis untuk aliansi Jepang-AS” jika terjadi keadaan darurat Taiwan.

Jepang telah memperluas kerja sama militernya dalam beberapa tahun terakhir di luar satu-satunya sekutunya, Amerika Serikat, dan menjalin hubungan dekat dengan Australia dan negara-negara lain di kawasan Asia-Pasifik dan Eropa.

Jepang menandatangani Perjanjian Akses Timbal Balik, yang menghilangkan hambatan untuk mengadakan latihan militer bersama di kedua negara, dengan Australia setahun lalu, dan juga dengan Inggris bulan lalu.

“Kunjungan bilateral saya ke Jepang sangat penting,” kata Marcos dalam konferensi pers hari Rabu (8/2) di Manila sebelum berangkat ke Jepang yang dia gambarkan sebagai “berpikiran sama dan berorientasi pada masa depan seperti kami dalam banyak hal dan paling dapat diandalkan di masa krisis dan kemakmuran. ”

“Ini adalah bagian dari agenda kebijakan luar negeri yang lebih besar untuk menjalin hubungan politik yang lebih erat, kerja sama pertahanan dan keamanan yang lebih kuat, serta kemitraan ekonomi yang langgeng dengan negara-negara besar di kawasan ini di tengah lingkungan global yang menantang.”

Dia mengatakan agenda utama selama pembicaraannya dengan Kishida akan mencakup pertahanan dan keamanan, serta pertanian, energi terbarukan, transformasi digital, dan pembangunan infrastruktur.

Marcos akan bertemu Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako sebelum pembicaraannya dengan Kishida. Dia juga akan bergabung dalam pembicaraan dengan pejabat perdagangan dan bisnis serta pemimpin dari kedua belah pihak sebelum kembali ke rumah pada hari Minggu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home