Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:52 WIB | Minggu, 05 Februari 2023

AS Tembak Balon Udara Pengintai China di Atas Laut

Sebuah balon di ketinggian melayang di atas Billings, Montana, AS pada hari Rabu, 1 Februari 2023. AS sedang melacak balon pengintai China yang dicurigai telah terlihat di wilayah udara AS selama beberapa hari, tetapi Pentagon memutuskan untuk tidak menembak jatuhnya karena risiko bahaya bagi orang-orang di darat, kata para pejabat Kamis, 2 Februari 2023. Pentagon tidak mengonfirmasi bahwa balon di foto itu adalah balon pengintai. (Foto: Larry Mayer/The Billings Gazette via AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM - Amerika Serikat pada hari Sabtu (4/2) menjatuhkan balon mata-mata China yang dicurigai di lepas pantai Carolina setelah melintasi situs militer yang sensitif di seluruh Amerika Utara dan menjadi titik nyala terbaru dalam ketegangan antara Washington dan Beijing.

Sebuah operasi sedang berlangsung di perairan teritorial AS di Samudra Atlantik untuk mengambil puing-puing dari balon, yang telah terbang sekitar 60.000 kaki dan diperkirakan seukuran tiga bus sekolah.

Presiden Joe Biden telah mengatakan kepada wartawan hari Sabtu pagi bahwa "kami akan mengurusnya," ketika ditanya tentang balon itu. Administrasi Penerbangan Federal (FAA) dan Penjaga Pantai bekerja untuk membersihkan wilayah udara dan air di bawah balon saat mencapai lautan.

Tayangan televisi menunjukkan ledakan kecil, diikuti dengan balon yang turun ke arah air. Jet militer AS terlihat terbang di sekitarnya dan kapal dikerahkan di air untuk melakukan operasi pemulihan.

Para pejabat bertujuan mengatur waktu operasi sehingga mereka dapat mengambil sebanyak mungkin puing-puing sebelum tenggelam ke laut. Pentagon sebelumnya memperkirakan bahwa setiap bidang puing akan sangat besar.

Balon itu terlihat pada Sabtu pagi di atas Carolina saat mendekati pantai. Dalam persiapan operasi, Administrasi FAA menutup sementara wilayah udara di atas garis pantai Carolina, termasuk bandara di Charleston dan Pantai Myrtle, Carolina Selatan, dan Wilmington, Carolina Utara.

FAA mengalihkan rute lalu lintas udara dari area tersebut dan memperingatkan penundaan akibat pembatasan penerbangan. Penjaga Pantai menyarankan para pelaut untuk segera meninggalkan daerah itu karena operasi militer AS “yang menimbulkan bahaya yang signifikan.”

Biden cenderung untuk menurunkan balon di darat ketika dia pertama kali diberi pengarahan pada hari Selasa, tetapi pejabat Pentagon menyarankan untuk tidak melakukannya, memperingatkan bahwa potensi risiko bagi orang-orang di lapangan lebih besar daripada penilaian potensi keuntungan intelijen China.

Pengungkapan balon kepada publik pekan ini mendorong pembatalan kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, ke Beijing yang dijadwalkan pada hari Minggu (54/2) untuk pembicaraan yang bertujuan mengurangi ketegangan AS-China. Pemerintah China pada hari Sabtu berusaha mengecilkan pembatalan tersebut.

“Sebenarnya, AS dan China tidak pernah mengumumkan kunjungan apa pun, AS membuat pengumuman semacam itu adalah urusan mereka sendiri, dan kami menghormati itu,” kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan Sabtu pagi.

China terus mengklaim bahwa balon itu hanyalah "pesawat" penelitian cuaca yang telah diterbangkan. Pentagon menolak mentah-mentah – serta anggapan China bahwa itu tidak digunakan untuk pengawasan dan hanya memiliki kemampuan navigasi yang terbatas.

Balon itu terlihat di atas Montana, yang merupakan rumah bagi salah satu dari tiga ladang silo rudal nuklir Amerika di Pangkalan Angkatan Udara Malmstrom.

Pentagon juga mengakui laporan tentang balon kedua yang terbang di atas Amerika Latin. “Kami sekarang menilai itu adalah balon pengintai China lainnya,” kata Brigjen. Jenderal Pat Ryder, sekretaris pers Pentagon, dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Luar Negeri China tidak segera menanggapi pertanyaan tentang balon kedua.

Blinken, yang dijadwalkan berangkat dari Washington ke Beijing Jumat malam, mengatakan dia telah mengatakan kepada diplomat senior China Wang Yi melalui panggilan telepon bahwa mengirim balon ke AS adalah "tindakan yang tidak bertanggung jawab dan bahwa keputusan (China) untuk mengambil tindakan ini pada menjelang kunjungan saya merusak diskusi substantif yang telah kami siapkan.”

Reaksi tanpa sensor di internet China mencerminkan sikap resmi pemerintah bahwa AS sedang membesar-besarkan situasi. Beberapa menggunakannya sebagai kesempatan untuk mengolok-olok pertahanan AS, mengatakan itu bahkan tidak bisa bertahan melawan balon, dan pengaruh nasionalis melompat menggunakan berita untuk mengejek AS.

China membantah klaim mata-mata dan mengatakan itu adalah balon yang digunakan warga sipil yang dimaksudkan untuk penelitian meteorologi. Kementerian Luar Negeri menegaskan bahwa perjalanan balon itu di luar kendali dan mendesak AS untuk tidak "mencoreng" berdasarkan balon tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home