Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:04 WIB | Senin, 05 Februari 2024

AS dan Israel Yakin 80% Terowongan Hamas Masih Utuh

Tentara Israel beroperasi di Jalur Gaza dalam foto tak bertanggal yang dirilis oleh militer pada hari Minggu, 28 Januari 2024. (Foto: IDF via ToI)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Setelah 114 hari pertempuran, sebanyak 80 persen sistem terowongan Hamas di bawah Jalur Gaza masih tetap utuh, The Wall Street Journal melaporkan pada hari Minggu (28/1).

Laporan tersebut muncul ketika Pasukan Pertahanan Israel terlibat dalam “pertempuran intensitas tinggi” di Khan Younis, Gaza selatan, dengan Divisi ke-98 memerangi operasi Hamas di wilayah tersebut.

Di tengah pertempuran di Gaza, upaya diplomatik yang dipimpin Amerika Serikat dilakukan untuk mengembangkan rencana dua bagian untuk pembebasan lebih dari 130 sandera yang masih ditahan di Jalur Gaza yang diculik dari Israel, dengan imbalan penghentian pertempuran hingga dua bulan.

Laporan Journal tersebut mengutip para pejabat Israel dan AS dan mencatat bahwa sulit untuk menilai berapa banyak labirin bawah tanah yang telah dihancurkan oleh pasukan Israel sejauh ini, namun diperkirakan 20% hingga 40% dari labirin tersebut telah rusak atau tidak dapat digunakan lagi.

Sejak melancarkan serangan darat setelah pembantaian tanggal 7 Oktober, di mana teroris pimpinan Hamas membunuh sekitar 1.200 orang dan menyandera 253 orang, pasukan Israel telah berupaya untuk menghancurkan terowongan-terowongan tersebut, sehingga mengungkap lebih banyak lagi aktivitas bawah tanah organisasi teror yang berkuasa di Gaza.

Beberapa terowongan telah dibom, sementara yang lain terendam banjir. Namun, kemajuannya lambat karena jalur bawah tanah harus dipetakan dan diperiksa apakah ada jebakan dan sandera sebelum pasukan Israel dapat menghancurkannya.

Seorang pejabat senior militer Israel mengatakan kepada Journal bahwa IDF fokus pada menghilangkan “simpul” di dalam terowongan tempat anggota Hamas bersembunyi, daripada menghancurkan seluruh jaringan.

“Ini adalah misi yang sangat sulit. Ini dilakukan secara perlahan, dengan sangat hati-hati. Ini adalah peperangan perkotaan yang tidak terlihat secara global,” kata pejabat tersebut.

Pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, dan komandan teror lainnya diyakini bersembunyi di bawah tanah. Laporan tersebut mengutip para pejabat Israel yang mengatakan bahwa pemimpin teror Gaza diyakini berada di pusat komando di sebuah terowongan di bawah Khan Younis, bersama dengan beberapa sandera.

Awal bulan ini dilaporkan bahwa para pejabat senior pertahanan Israel kini menilai bahwa jaringan terowongan Gaza milik Hamas memiliki panjang antara 350 dan 450 mil, jauh lebih panjang dari yang diyakini sebelumnya.

Perkiraan yang dilaporkan oleh The New York Times jauh lebih tinggi dibandingkan perkiraan Pasukan Pertahanan Israel bulan lalu yang menyatakan bahwa terdapat sekitar 250 mil terowongan Hamas di bawah Jalur Gaza, dan angka yang mencengangkan mengingat luas total wilayah kantong tersebut hanya sekitar 140 mil persegi.

Dalam operasi terbesar dalam sebulan, pasukan Israel selama beberapa hari terakhir mengepung dan menerobos Khan Younis, tempat banyak warga Palestina berlindung setelah meninggalkan Gaza utara, yang menjadi fokus awal perang.

Dalam operasi baru-baru ini di Khan Younis, unit komando Egoz melihat dan melenyapkan sel Hamas yang dipersenjatai RPG dan menemukan senjata di dekatnya; Brigade Pasukan Terjun Payung membunuh beberapa pria bersenjata dan menemukan senjata; dan Brigade Lapis Baja ke-7 mengarahkan serangan udara terhadap dua agen Hamas di kota itu, kata IDF.

Di Gaza utara, IDF mengatakan pasukan cadangan Brigade ke-5 menemukan jaringan terowongan dan menghancurkannya. Pasukan juga membunuh beberapa pria bersenjata dan menemukan senjata di daerah tersebut, tambahnya.

Di Gaza tengah, IDF mengatakan Brigade Nahal mengarahkan sebuah drone untuk menyerang seorang agen Hamas yang terlihat di dekatnya. Brigade tersebut membunuh beberapa pria bersenjata lagi dalam pertempuran selama beberapa hari terakhir, tambah IDF.

Sementara itu, warga Palestina telah melarikan diri lebih jauh ke selatan dari Khan Younis menuju Rafah, dekat perbatasan Mesir, di mana menurut PBB, sebagian besar dari sekitar 1,7 juta pengungsi Gaza berkumpul.

Banyak dari mereka hidup di jalanan dalam “kondisi putus asa yang menyebabkan kehancuran total ketertiban,” kata Ajith Sunghay dari Kantor Hak Asasi Manusia PBB.

Kelompok bantuan Doctors Without Borders (MSF) mengatakan kapasitas bedah di Rumah Sakit Nasser di Khan Younis “hampir tidak ada.”

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan MSF telah mengeluarkan peringatan mendesak mengenai Rumah Sakit Nasser, dengan mengatakan bahwa staf yang tersisa hampir tidak dapat berfungsi karena persediaan yang hampir habis dan pertempuran sengit di dekatnya.

Rekaman WHO menunjukkan orang-orang di fasilitas yang penuh sesak itu dirawat di lantai yang berlumuran darah sementara orang-orang terkasih mereka berteriak dan berdesak-desakan. Kucing mengais-ngais di tumpukan limbah medis.

Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan rumah sakit Al-Amal juga “dikepung dengan tembakan keras.”

Militer Israel menuduh Hamas beroperasi dari terowongan di bawah rumah sakit Gaza dan menggunakan fasilitas medis sebagai pusat komando. Mereka telah mengeluarkan rekaman dari terowongan Hamas yang ditemukan di bawah beberapa rumah sakit.

Bersumpah untuk menghancurkan kelompok teror tersebut, Israel melancarkan kampanye militer skala besar setelah pembantaian 7 Oktober, yang dilakukan oleh menteri kesehatan yang dikelola Hamas. Kementerian di Gaza mengatakan telah menewaskan lebih dari 26.000 orang dan melukai sekitar 64.000 orang. Angka-angka tersebut tidak dapat diverifikasi dan diyakini mencakup hampir 10.000 anggota Hamas yang menurut Israel telah terbunuh dalam pertempuran di Jalur Gaza, serta warga sipil yang terbunuh oleh roket-roket Palestina yang salah sasaran.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang menghadapi tekanan domestik yang semakin besar atas penanganan konflik tersebut, menggandakan janjinya untuk menyingkirkan Hamas dari Gaza.

“Jika kita tidak melenyapkan teroris Hamas… pembantaian berikutnya hanya masalah waktu saja,” katanya dalam pernyataan yang disiarkan televisi pada hari Sabtu. (The Wall Street Journal/New York Times/ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home