Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 09:16 WIB | Jumat, 12 September 2014

AS dan Negara-Negara Arab Komitmen Perangi NIIS

Menteri Luar negeri AS John Kerry (dua dari kiri) saat hadir dalam pertemuan dengan sepuluh negara Arab membahas penyerangan jihadis NIIS, Kamis (11/9). (Foto: AFP)

JEDDAH, SATUHARAPAN.COM – Sepuluh negara Arab, termasuk Arab Saudi, pada Kamis (11/9) sepakat di Jeddah untuk mendukung Washington dalam memerangi jihadis NIIS (Islamic State of Iraq and Syria/ISIS), karena Amerika Serikat (AS) tengah membangun koalisi internasional.

“Negara-negara yang ambil bagian sepakat untuk melakukan bagian mereka dalam perang komprehensif” melawan NIIS, menurut sebuah pernyataan di akhir pertemuan antara Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan rekan-rekan negara Arab.

Selain Arab Saudi, negara-negara Arab lainnya Bahrain, Mesir, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Oman, Qatar dan Uni Emirat Arab.

Meskipun Turki diwakili dalam pertemuan tersebut, negara itu tidak disebutkan dalam komunike akhir dan pejabat pemerintah Turki mengatakan Ankara menolak ambil bagian dalam pertempuran melawan militan.

Kerry akan bertolak ke Ankara pada Jumat untuk melangsungkan pembicaraan darurat dengan sekutu penting Washington itu.

Amerika Serikat mendesak negara-negara Arab bergabung dalam sebuah koalisi yang mendukung kampanye AS terhadap jihadis.

Dalam pernyataan akhir, 10 negara dan Washington mendeklarasikan “komitmen bersama mereka untuk bersatu melawan ancaman dari semua terorisme, termasuk Islamic State in Irak and Levant (ISIL)”, pada merujuk nama lain ISIS. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home