Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:48 WIB | Selasa, 02 Mei 2023

AS Izinkan Warga Afghanistan Tinggal Lebih Lama dan Bekerja

Ada 76.000 warga Afghanistan yang melarikan diri ke Amerika Serikat setelah Taliban berkuasa di negara itu Agustus 2021.
Pengungsi Afghanistan berjalan melalui kamp pengungsi Afghanistan di Joint Base McGuire Dix Lakehurst, NJ, pada 27 September 2021. Pemerintahan Biden berencana mengizinkan puluhan ribu warga Afghanistan yang melarikan diri dari kendali Taliban lebih dari dua tahun lalu untuk mengajukan perlindungan sementara untuk tinggal dan bekerja di AS setidaknya selama dua tahun lagi, menurut dua orang yang mengetahui rencana tersebut. (Foto: dok. AP/Andrew Harnik)

WASHINGTON, DC, SATUHARAPAN.COM-Pemerintahan Joe Biden akan terus mengizinkan puluhan ribu warga Afghanistan yang melarikan diri dari kendali Taliban lebih dari dua tahun lalu untuk tinggal dan bekerja di Amerika Serikat. Ini karena upaya kongres terhenti yang dimaksudkan untuk menyelesaikan status imigrasi mereka secara permanen, menurut dua orang yang mengetahui rencana tersebut.

Segera setelah musim panas ini, pengungsi yang memenuhi syarat akan dapat memperbarui izin kerja sementara dan perlindungan dari deportasi selama dua tahun lagi, menurut dua pejabat administrasi, yang berbicara kepada The Associated Press dengan syarat anonimitas karena mereka tidak berwenang untuk membahas rencana itu yang belum dirilis. Perlindungan awalnya diberikan pada 2021, dan diperbarui tahun lalu.

Upaya tersebut merupakan perbaikan sementara bagi lebih dari 76.000 warga Afghanistan yang tiba di AS setelah penarikan pasukan AS yang kacau dan mematikan oleh militer, beberapa momen tergelap dalam kepresidenan Biden. Banyak dari mereka yang tiba di negara tersebut telah bekerja dengan pejabat AS, beberapa selama bertahun-tahun, sebagai penerjemah, juru bahasa, dan mitra lainnya.

Rincian pembaruan pertama kali dilaporkan oleh CBS News. Pengumuman resmi diharapkan oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri akhir pekan ini.

Kelompok advokat imigran dan veteran yang telah bekerja bersama pemerintah berusaha menemukan jalur yang lebih permanen bagi warga Afghanistan menyebut langkah itu seperti pembalut luka, tetapi lebih baik daripada tidak sama sekali.

“Warga Afghanistan telah merana di pantai kami menunggu jawaban jangka panjang dan Kongres terus mempermainkan masa depan mereka,” kata Shawn Van Diver, seorang veteran Angkatan Laut dan kepala #AfghanEvac, sebuah koalisi yang mendukung upaya pemukiman kembali Afghanistan. Namun dia mengatakan dia senang pemerintahan Biden mengizinkan mereka tetap tinggal karena Kongres tidak dapat menemukan solusi.

Pemerintah AS menerima para pengungsi untuk sementara sebagai bagian dari Operasi Penyambutan Sekutu, upaya pemukiman kembali terbesar di negara itu dalam beberapa dekade, dengan janji jalan menuju kehidupan di AS untuk layanan mereka.

Sekelompok anggota parlemen bipartisan di Kongres berharap untuk menyelesaikan status imigrasi mereka sebagai bagian dari paket pendanaan pemerintah akhir tahun pada bulan Desember. Proposal tersebut akan memungkinkan mereka untuk mengajukan kewarganegaraan AS pada bulan Agustus, ketika status sementara mereka akan berakhir, seperti yang dilakukan untuk pengungsi lain dari negara lain di masa lalu, termasuk dari Kuba, Vietnam dan Irak.

Tetapi upaya itu gagal atas beberapa oposisi Republik, terutama Senator Chuck Grassley dari Iowa, yang tahun lalu berpendapat bahwa RUU itu terlalu jauh dengan memasukkan pengungsi di luar mereka yang menjadi mitra kami selama 20 tahun terakhir, dan menyediakan jalan menuju tempat tinggal tanpa skrining yang tepat diperlukan.

Beberapa anggota parlemen berharap bahwa dengan langkah-langkah penyaringan lanjutan yang ditambahkan ke RUU tersebut, RUU tersebut dapat memperoleh dukungan yang diperlukan untuk meloloskan Kongres yang dikendalikan oleh Partai Republik dan mayoritas tipis Demokrat di Senat.

"Ini memotong pertanyaan inti apakah AS menepati janjinya untuk melindungi sekutunya," kata Helal Massomi, seorang pengungsi dari Afghanistan dan penasihat kebijakan Afghanistan di Layanan Imigrasi dan Pengungsi Lutheran, dalam sebuah pernyataan Senin. “Kongres perlu menepati janji bangsa kita dan menjelaskan kepada warga Afghanistan bahwa negara ini lebih dari sekadar tempat berlindung sementara mereka, ini adalah rumah mereka.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home