Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 03:50 WIB | Minggu, 09 April 2023

Radio “Suara Perempuan” Afghanistan Kembali Mengudara

Sebelumnya Taliban menutup satu-satunya radio perempuan dengan tuduhan menyiarkan musik
Najia Sorosh Kepala Sadai Banowan, stasiun radio yang dikelola perempuan, kanan, berbicara dengan stafnya di studio penyiaran di Provinsi Badakhshan, timur laut Afghanistan, Selasa, 7 Maret 2023. Stasiun radio yang dikelola perempuandi timur laut Afghanistan telah ditutup karena memutar musik selama bulan suci Ramadhan, kata seorang pejabat Taliban, hari Sabtu. (Foto: dok. Sadai Banowan via AP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Sebuah stasiun radio yang dikelola perempuan di timur laut Afghanistan telah melanjutkan siarannya, setelah pejabat menutupnya selama sepekan karena memutar musik selama bulan suci Ramadhan, kata seorang pejabat Taliban dan kepala stasiun tersebut, hari Jumat (7/4).

Sadai Banowan, yang berarti “suara perempuan” dalam bahasa Dari, diluncurkan 10 tahun lalu di Provinsi Badakhshan dan merupakan satu-satunya stasiun radio yang dikelola perempuan di Afghanistan. Enam dari delapan stafnya adalah perempuan.

Moezuddin Ahmadi, direktur Informasi dan Budaya di Badakhshan, mengatakan stasiun tersebut diizinkan untuk melanjutkan aktivitas pada hari Kamis setelah mematuhi “hukum dan peraturan Imarah Islam” dan setuju untuk berhenti menyiarkan segala jenis musik.

Kepala stasiun, Najia Sorosh, mengatakan setelah stasiun "memberikan komitmen kepada pejabat di departemen informasi dan budaya, mereka membuka kunci pintu stasiun," dan mereka mulai mengudara lagi.

Komite Keselamatan Jurnalis Afghanistan (AJSC), sebuah organisasi pengawas Afghanistan yang mempromosikan keselamatan jurnalis dan kebebasan pers dan yang terlibat dalam mediasi pembukaan kembali stasiun tersebut, menyambut baik dimulainya kembali siaran. “Mengikuti upaya advokasi AJSC, radio Sadia Banowan melanjutkan siarannya,” katanya dalam tweet.

Perwakilan dari Kementerian Informasi dan Kebudayaan dan Direktorat Kebajikan dan Kebajikan telah menutup stasiun tersebut sepekan sebelumnya.

Banyak jurnalis kehilangan pekerjaan setelah Taliban mengambil alih pada Agustus 2021. Outlet media tutup karena kekurangan dana atau karena staf meninggalkan negara itu, menurut Asosiasi Jurnalis Independen Afghanistan.

Taliban telah melarang perempuan dari sebagian besar pekerjaan dan pendidikan di luar kelas enam, termasuk universitas. Tidak ada larangan resmi untuk musik. Selama pemerintahan mereka sebelumnya pada akhir 1990-an, Taliban melarang sebagian besar televisi, radio, dan surat kabar di negara itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home