Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:26 WIB | Rabu, 04 November 2015

AS Sambut Baik Pertemuan Pemimpin RRT-Taiwan

Ilustrasi: Presiden Taiwan Ma Ying Jeou (kiri) dan Presiden RRT, Xi Jinping (kanan). (Foto: scmp.com).

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Amerika Serikat (AS) menyambut baik rencana pertemuan pemimpin Republik Rakyat Tiongkok dan Taiwan. Presiden Taiwan Ma Ying-jeou akan bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping di Singapura pada Sabtu (7/11) mendatang.

“Kami tentu menyambut baik langkah kedua pihak untuk mencoba menurunkan ketegangan dan meningkatkan hubungan," kata juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, pada hari Selasa (3/11).

"Tapi kami juga harus melihat apa yang nantinya akan dihasilkan dari pertemuan tersebut," kata John Earnest.

Pertemuan tersebut akan mengukir sejarah karena kedua pemimpin akan bertemu untuk pertama kalinya sejak berakhirnya perang sipil pada 1949 yang berakhir dengan pemisahan diri Taiwan dari Tiongkok.

Sampai saat ini, Tiongkok masih menganggap Taiwan sebagai bagian wilayah kedaulatan mereka yang sedang menunggu untuk proses reunifikasi.

Earnst menegaskan, kebijakan "Satu Tiongkok" AS sampai sekarang masih belum berubah.

AS sejak lama menentang setiap upaya militer menuju proses reunifikasi dan ikut berperan untuk memastikan keseimbangan militer antara Taiwan dan tetangganya Tiongkok yang jauh lebih besar.

Pertemuan Xi dan Ma tersebut akan berlangsung menjelang pemilihan umum di Taiwan pada Januari 2016 mendatang. (Ant/ AFP)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home