Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:18 WIB | Rabu, 15 Mei 2024

AS Tawarkan Informasi Keberadaan Pemimpin Hamas, Jika Israel Hentikan Operasi di Rafah

Pemerintahan Biden dilaporkan dapat memberikan informasi mengenai lokasi terowongan rahasia di Gaza yang digunakan oleh kelompok teror sebagai insentif untuk tidak memasuki kota paling selatan Gaza.
Pemimpin Hamas di Jalur Gaza, Yahya Sinwar, berbicara saat rapat umum memperingati Hari Al-Quds (Yerusalem), di Kota Gaza, 14 April 2023. (Foto: dok. AFP/Mohammed Abed)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pemerintahan Joe Biden dilaporkan telah menawarkan untuk memberikan “informasi intelijen sensitif” kepada Israel tentang keberadaan para pemimpin senior Hamas jika mereka setuju untuk menunda operasi militer besar yang telah lama dijanjikan di kota Rafah paling selatan di Gaza.

The Washington Post mengutip empat sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa Amerika Serikat “menawarkan bantuan berharga kepada Israel, termasuk intelijen sensitif untuk membantu militer Israel menentukan lokasi para pemimpin Hamas dan menemukan terowongan tersembunyi kelompok tersebut.”

Laporan tersebut mengatakan bahwa pemerintah juga telah menawarkan bantuan untuk mendirikan tenda-tenda besar bagi warga Palestina yang dievakuasi dari Rafah, dan membantu membangun infrastruktur untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

Seorang pejabat senior pemerintah yang mengetahui diskusi tersebut, yang juga tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa Israel telah memberikan jaminan bahwa pasukan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tidak akan memasuki Rafah sebelum mengevakuasi sekitar 800.000 dari sekitar satu juta warga Palestina yang berlindung di sana di tengah perang yang sedang berlangsung di Gaza.

Komentar juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, pada briefing hari Kamis (9/5) tampaknya sejalan dengan laporan tersebut, meskipun ia mencatat bahwa informasi intelijen tersebut telah diberikan kepada Israel.

“Sebenarnya kami juga bisa membantu mereka menargetkan para pemimpin, termasuk (pemimpin Hamas Yahya) Sinwar, yang sejujurnya kami lakukan terhadap Israel secara berkelanjutan,” katanya.

Laporan Washington Post muncul setelah dua pejabat yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada The Times of Israel pada hari Jumat (10/5) bahwa Sinwar tidak bersembunyi di Rafah, mengutip penilaian intelijen baru-baru ini yang menempatkan pemimpin Hamas di terowongan bawah tanah di wilayah Khan Younis.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, telah berjanji untuk melancarkan serangan besar-besaran di Rafah selama berbulan-bulan, dengan alasan bahwa operasi tersebut penting untuk mengalahkan Hamas, yang memiliki empat dari enam batalyon aktif yang tersisa di kota tersebut.

Pada awal pekan ini, Israel melancarkan operasi untuk mengambil alih Penyeberangan Rafah di sisi Palestina, yang dikatakan digunakan untuk tujuan teror. Penyeberangan tersebut telah ditutup, dan Israel tidak memberikan jadwal pembukaan kembali untuk pengiriman bantuan.

Gedung Putih pada hari Jumat (10/5) mengatakan bahwa AS tidak percaya kampanye tersebut merupakan operasi militer skala besar di kota yang padat penduduk, seperti yang diperingatkan oleh Presiden AS Joe Biden akan mengarahkannya untuk menghentikan pengiriman senjata ofensif ke Israel. Dia sudah menahan pengiriman bom dengan muatan tinggi pekan lalu di tengah kekhawatiran bom tersebut akan digunakan di Rafah.

Kabinet keamanan Israel melakukan pemungutan suara pada hari Kamis (9/5) untuk menyetujui perluasan operasi Rafah yang bertujuan untuk tetap berada dalam lingkup apa yang bersedia diterima oleh Washington.

Perang di Gaza meletus dengan pembantaian Hamas pada tanggal 7 Oktober, ketika ribuan teroris menyerbu perbatasan ke Israel melalui darat, udara dan laut, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 252 orang, sebagian besar warga sipil, di tengah banyak tindakan kebrutalan dan kekerasan seksual.

Bersumpah untuk melenyapkan Hamas, Israel melancarkan kampanye militer skala besar di Gaza yang bertujuan untuk membebaskan para sandera dan menghancurkan kemampuan militer dan pemerintahan kelompok teror tersebut.

Otoritas kesehatan di Gaza mengatakan hampir 35.000 orang telah tewas dalam perang yang terjadi, meskipun angka yang dikeluarkan oleh kementerian kesehatan yang dikelola Hamas tidak dapat diverifikasi secara independen, dan diyakini mencakup warga sipil dan anggota Hamas yang terbunuh di Gaza, termasuk akibat dari serangan roket kelompok teror sendiri salah sasaran.

IDF mengatakan mereka telah membunuh lebih dari 13.000 anggota di Gaza, selain sekitar 1.000 teroris di Israel pada tanggal 7 Oktober, sementara 267 tentara tewas dalam serangan darat terhadap Hamas dan di tengah operasi di sepanjang perbatasan Gaza. (Tha Woshington Post/ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home