Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:22 WIB | Jumat, 31 Maret 2023

AS Tuduh Rusia Tawarkan Makanan untuk Mendapat Senjata dari Korea Utara

Presiden Rusia, Vladimir Putin, bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, di kampus Universitas Federal Timur Jauh di pulau Russky di pelabuhan Vladivostok Rusia timur jauh pada 25 April 2019. (Foto: dok. AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat pada hari Kamis (30/3) mengatakan memiliki bukti baru bahwa Rusia kembali mencari senjata di Korea Utara untuk memicu perang di Ukraina. Kali ini dalam kesepakatan yang akan memberi Pyongyang makanan yang dibutuhkan dan komoditas lain sebagai imbalannya.

Ini adalah tuduhan terbaru bahwa Rusia, yang sangat membutuhkan persenjataan dan dibatasi oleh sanksi dan kontrol ekspor, beralih ke negara-negara "nakal" untuk membantunya melanjutkan perang yang telah berlangsung selama 13 bulan.

“Sebagai bagian dari kesepakatan yang diusulkan ini, Rusia akan menerima lebih dari dua lusin jenis senjata dan amunisi dari Pyongyang,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby.

“Kami juga memahami bahwa Rusia berusaha mengirim delegasi ke Korea Utara dan bahwa Rusia menawarkan makanan ke Korea Utara dengan imbalan amunisi.”

Pemerintah sebelumnya telah mendeklasifikasi intelijen untuk menyajikan bukti bahwa Iran menjual ratusan drone serang ke Rusia selama musim panas dan bahwa Grup Wagner, sebuah perusahaan tentara bayaran Rusia, telah menerima pengiriman senjata dari Korea Utara untuk membantu meningkatkan pasukannya saat mereka berperang, berdampingan dengan pasukan Rusia di Ukraina.

Para ahli percaya situasi pangan di Korea Utara adalah yang terburuk di bawah pemerintahan Kim Jong Un selama 11 tahun, tetapi mereka masih mengatakan tidak melihat tanda-tanda kelaparan atau kematian massal. Kim berjanji untuk memperkuat kontrol negara atas pertanian dan mengambil serentetan langkah lain untuk meningkatkan produksi biji-bijian, media pemerintah Korea Utara melaporkan awal bulan ini.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan bulan lalu bahwa intelijen AS menyebutkan China sedang mempertimbangkan untuk memberikan senjata dan amunisi ke Rusia, meskipun pejabat Gedung Putih mengatakan mereka belum melihat bukti bahwa Beijing menindaklanjuti pengiriman senjata.

Publikasi upaya Rusia untuk mendapatkan senjata dari Korea Utara hanyalah contoh terbaru dari pemerintahan Biden yang melonggarkan pembatasan pada temuan intelijen dan mempublikasikannya selama perang sengit di Ukraina.

Pemerintah mengatakan telah berusaha untuk menyebarkan temuan intelijen sehingga sekutu dan publik tetap memiliki pandangan yang jernih tentang niat Moskow dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, berpikir dua kali tentang tindakannya.

Kamis (30/3) pagi, Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS mengumumkan sanksi terhadap warga negara Slovakia, Ashot Mkrtychev, menuduh dia berusaha memfasilitasi kesepakatan senjata antara Rusia dan Korea Utara.

Antara akhir 2022 dan awal 2023, Departemen Keuangan mengatakan Mkrtychev bekerja dengan pejabat Korea Utara untuk mendapatkan lebih dari dua lusin jenis senjata dan amunisi untuk Rusia dengan imbalan pesawat komersial, bahan mentah, dan komoditas yang akan dikirim ke Korea Utara.

Mkrtychev bekerja dengan seorang warga negara Rusia untuk menemukan pesawat komersial untuk mengirimkan barang ke Korea Utara sebagai gantinya.

“Rusia telah kehilangan lebih dari 9.000 peralatan militer berat sejak dimulainya perang, dan sebagian dampak sanksi multilateral dan kontrol ekspor, Putin menjadi semakin putus asa untuk menggantinya,” kata Menteri Keuangan, Janet Yellen, dalam sebuah pernyataan.

“Skema seperti kesepakatan senjata yang dilakukan oleh individu ini menunjukkan bahwa Putin beralih ke pemasok upaya terakhir seperti Iran dan DPRK.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home