Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:10 WIB | Jumat, 19 Agustus 2016

Asap Datang Lagi, Malaysia akan Surati Indonesia

Wisatawan berfoto berlatar belakang Masjid Putra (kiri) dan Putra Bangunan Perdana (kanan) di Putrajaya, Malaysia yang diselimuti kabut asap. (Foto: straitstimes.com/EPA)

TAIPING, SATUHARAPAN.COM – Malaysia akan mengirim surat ke Indonesia terkait kabut asap yang kembali menyelimuti beberapa wilayah Malaysia akibat kebakaran hutan lahan di Sumatera dan Kalimantan.

Indeks polutan udara (API/air pollutant index) di beberapa kota Malaysia tercatat di posisi sedang (moderate) selama sepekan terakhir karena terpapar asap.

Menteri Sumber Daya dan Lingkungan Alam Malaysia, Wan Junaidi Tuanku Jaafar mengatakan kabut asap kembali melanda dalam sepekan terakhir akibat kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

Dia mengatakan memang ada perbedaan dari tahun sebelumnya karena pemerintah Indonesia telah mengambil tindakan cepat dalam menangani kebakaran hutan, tapi efeknya masih terasa di Malaysia.

"Kondisi ini belum di tahap kritis tapi saya akan mengirim surat kepada Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Indonesia bahwa kabut datang lagi ke sini," kata Wan Junaidi pada wartawan, hari Jumat (19/8) di Taiping, Malaysia.

"Kami tidak ingin berselisih dengan Indonesia, tapi cuma ingin memberitahu kalau asap datang lagi," kata dia.

Awal bulan lalu, Wan Junaidi mengatakan keyakinannya bahwa tahun ini Malaysia tidak akan lagi diselimuti kabut asap berat dari Indonesia, karena tampaknya Indonesia sudah melakukan kewajibannya dalam menghormati komitmen bersama untuk menjaga fenomena tahunan bencana asap.

Wan Junaidi menambahkan bahwa kabut tidak akan separah tahun sebelumnya karena Indonesia berupaya serius setelah mendapat banyak tekanan dari Malaysia dan Singapura sebagai negara yang paling menderita akibat kebakaran hutan.

Saat itu dia mengungkapkan memang ada beberapa hotspot di Indonesia tetapi dengan cepat situasi itu dapat dikendalikan pemerintah Indonesia. (straitstimes.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home