Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:52 WIB | Rabu, 18 November 2015

Asosiasi Sepak Bola Jerman Tingkatkan Kewaspadaan Pasca Ancaman Bom

Dua petugas polisi berjaga di Stadion HDI Arena, Hanover yang dikosongkan karena ancaman bom. (Foto: dw.com).

HANOVER, SATUHARAPAN.COM - Presiden Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) Reinhard Rauball, mengatakan pihaknya akan meningkatkan kewaspadaan di setiap pertandingan menyusul  ancaman bom di Hanover menjelang laga Jerman menghadapi Belanda, Rabu (18/11) dini hari WIB.

“Kami akan tingkatkan pihak keamanan di setiap stadion, tidak hanya hari ini saja karena hal semacam ini (ancaman bom, Red) akan berdampak keamanan di Bundesliga alasan sepakbola,” kata Rauball seperti diberitakan Deutsche Welle, hari Rabu (18/11) pagi WIB.

“Kesan saya adalah bahwa sepak bola di Jerman telah mengambil jalan yang berbeda dalam banyak aspek, Ini adalah hari yang menyedihkan bagi sepak bola Jerman,” kata Rauball.

Di tempat terpisah Bagian  penjinak bom Kepolisian Jerman telah menaruh kecurigaan kepada sebuah  peti kemas yang terdapat di kereta antar kota  di Hanover. Namun penyidik Kepolisian Jerman tidak dapat segera menentukan apakah itu bom atau bukan.

Thomas de Maiziere, menteri dalam negeri Jerman berbicara pada konferensi pers,  mengatakan dialah yang merekomendasikan membatalkan pertandingan.

"Indikasi bahaya muncul karena saat ini kami mementingkan faktor keamanan, karena kami perlu lebih banyak pertimbangan dan berhati-hati, kami memutuskan untuk membatalkan untuk keselamatan rakyat,” kata dia.

Menteri dalam negeri menegaskan,  Jerman tidak siap untuk hidup dalam ketakutan dari ancaman teroris.

"Kami ingin pergi ke stadion, mengunjungi pasar Natal dan menghadiri perayaan publik dan itulah yang kita masih akan lakukan," kata de Maiziere.

Sementara itu Juru Bicara Polisi Hanover, Martina Stern, menjelaskan Kepolisian setempat mengerahkan  seluruh pasukan memeriksa keamanan dalam kota guna pencarian tersangka.  

“Tidak ada penangkapan yang telah dilakukan,” kata  Martina.

Dia menambahkan kepolisian setempat belum menemukan  bahan peledak.  

Kepala Polisi Hanover, Volker Kluwe, mengatakan pemerintah Jerman  mendapatkan peringatan konkret bahwa seseorang di stadion ingin meledakkan bahan peledak.

"Kami menerima indikasi serius bahwa serangan bom direncanakan dalam stadion malam ini," kata Volker mengatakan Jerman penyiaran publik ARD.

Jerman tetap waspada setelah pertandingan persahabatan internasional antara Jerman dan Belanda dibatalkan, pertandingan itu dijadwalkan akan dimainkan di Stadion HDI Arena, Hanover hanya empat hari setelah serangan mematikan di Paris.  

Polisi memerintahkan stadion untuk mengevakuasi penggemar. (dw.com).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home