Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:30 WIB | Rabu, 17 April 2024

Astronom Temukan Lubang Hitam Terbesar di Bima Sakti

Para ahli astronomi menemukan bahwa BH3 merupakan lubang hitam bermassa bintang terbesar yang diketahui sejauh ini di Galaksi Bima Sakti, dengan 33 kali massa matahari.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Para ahli astronomi menemukan bahwa BH3 merupakan lubang hitam bermassa bintang terbesar yang diketahui sejauh ini di Galaksi Bima Sakti, dengan 33 kali massa matahari.

Sebuah tim peneliti internasional menemukan lubang hitam itu saat mengamati kelompok data terbaru yang terekam oleh teleskop antariksa Gaia milik Badan Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA), menurut pernyataan Universitas Tel Aviv (Tel Aviv University/TAU) Israel pada Selasa (16/4).

Xinhua yang dikutip Jakarta, Selasa (16/4), lubang hitam tersebut berjarak 1.500 tahun cahaya dari Bumi, menurut TAU, yang sejumlah penelitinya berpartisipasi dalam studi sistem biner yang baru ditemukan. Kecepatan cahaya adalah 300.000 km/detik. 

Dalam sistem biner, satu bintang yang visibel terlihat mengorbit objek pendamping yang berukuran masif namun tak terlihat, yang mengindikasikan bahwa objek tersebut adalah lubang hitam.

Sistem biner mengungkap sekitar 50 objek yang diduga atau telah dikonfirmasi sebagai lubang hitam bermassa bintang di Galaksi Bima Sakti, tetapi para ilmuwan berpendapat bahwa kemungkinan terdapat hingga 100 juta lubang hitam bermassa bintang di galaksi kita saja, menurut NASA.

Lubang hitam bermassa bintang terbentuk ketika sebuah bintang kehabisan bahan pembakaran nuklirnya dan kolaps. Penjelasan detail mengenai lubang hitam masif BH3 terdapat dalam jurnal akses terbuka Astronomy & Astrophysics untuk studi lebih lanjut. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home