Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:36 WIB | Selasa, 05 Maret 2024

Empat Astronot Baru Berangkat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk Tugas Enam Bulan

Awak SpaceX dari pesawat ruang angkasa Dragon, dari kiri, kosmonot Alexander Grebenkin, pilot Michael Barratt, komandan Matthew Dominick dan spesialis misi Jeanette Epps berkumpul untuk berfoto setelah tiba di Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, hari Minggu, 25 Februari , 2024. Peluncuran bersama awak ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dijadwalkan pada hari Jumat pagi. (Foto: AP/John Raoux)

CAPE CANAVERAL-FLORIDA, SATUHARAPAN.COM-Empat astronot sedang menuju ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada hari Minggu (3/3) di mana mereka akan mengawasi kedatangan dua kapal roket baru selama setengah tahun bertugas.

Roket Falcon SpaceX diluncurkan dari Kennedy Space Center, membawa Matthew Dominick dari NASA, Michael Barratt dan Jeanette Epps serta Alexander Grebenkin dari Rusia.

Para astronot akan mencapai laboratorium yang mengorbit pada hari Selasa (5/3). Mereka akan menggantikan kru dari Amerika, Denmark, Jepang dan Rusia, yang telah berada di sana sejak Agustus.

“Kapan kamu sudah sampai di sini?” tanya komandan stasiun luar angkasa Andreas Mogensen melalui X, sebelumnya Twitter, setelah tiga hari tertunda karena angin kencang. SpaceX Launch Control menyebutnya “sangat terlambat”.

Hampir ada penundaan lagi pada hari Minggu malam. Retakan kecil pada segel palka kapsul SpaceX memicu banyak peninjauan pada menit-menit terakhir, namun dianggap aman untuk keseluruhan misi.

Masa tinggal kru baru selama enam bulan termasuk kedatangan dua kapal roket yang dipesan oleh NASA. Kapsul Starliner baru Boeing dengan pilot uji akan jatuh tempo pada akhir April. Satu atau dua bulan kemudian, Dream Chaser dari Sierra Space, sebuah pesawat ulang-alik mini, akan tiba. Itu untuk mengantarkan kargo ke stasiun, tapi belum untuk penumpang.

Epps awalnya ditugaskan untuk menerbangkan Starliner Boeing, yang mengalami masalah dan terhenti. NASA akhirnya mengalihkannya ke SpaceX. “Saya sedang dalam kondisi pikiran New York saat ini, sungguh luar biasa,” katanya saat mencapai orbit, merujuk pada lagu Billy Joel.

Epps, yang berasal dari Syracuse, NY, adalah perempuan kulit hitam kedua yang ditugaskan untuk misi stasiun panjang. Dia mengatakan sebelum penerbangan bahwa dia sangat bangga menjadi panutan bagi gadis-gadis kulit hitam, dan menunjukkan bahwa penerbangan luar angkasa “adalah pilihan bagi mereka, bahwa ini bukan hanya untuk orang lain.”

Sebagai seorang insinyur, dia bekerja untuk Ford Motor Co. dan CIA sebelum menjadi astronot pada tahun 2009. Epps seharusnya diluncurkan ke stasiun luar angkasa dengan roket Rusia pada tahun 2018, tetapi digantikan karena alasan yang tidak pernah diungkapkan kepada publik.

Yang juga baru di luar angkasa adalah Dominick, seorang pilot Angkatan Laut, dan Grebenkin, mantan perwira militer Rusia.

Barratt, seorang dokter yang menjalani misi ketiganya, adalah astronot penuh waktu tertua yang terbang ke luar angkasa. Dia berusia 65 tahun pada bulan April.

“Ini seperti naik roller coaster dengan sekelompok remaja yang sangat bersemangat,” kata Barratt setelah mencapai orbit. Mengenai usianya, dia berkata sebelum penerbangan, “Selama kita tetap sehat, bugar, dan beraktivitas, kita boleh terbang.”

Pengendali penerbangan sedang memantau kebocoran kabin yang semakin meningkat di stasiun luar angkasa Rusia. Kebocoran tersebut meningkat dua kali lipat dalam beberapa minggu terakhir dan area tersebut telah ditutup, kata manajer program NASA, Joel Montalbano. Dia menekankan tidak ada dampak terhadap operasi stasiun atau keselamatan kru. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home