Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:50 WIB | Rabu, 30 Oktober 2013

ATM Bitcoin Pertama di Dunia Dibuka di Kanada

Perangkat lunak bitcoin dijalankan pada Windows 7. (Foto: Wikipedia.org)

VANCOUVER, SATUHARAPAN.COM - Tiga pengusaha muda membuka apa yang mereka sebut sebagai mesin ATM pertama di dunia yang bisa menukar bitcoin untuk setiap mata uang resmi.

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik. Bitcoin-bitcoin dapat di simpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, dan terlepas dari semua itu bitcoin-bitcoin dapat di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin.

Mesin yang diperkenalkan pada Selasa (29/10) tersebut dikirim ke Vancouver di Kanada Barat oleh Robocoin, manufaktur Amerika, berdiri di sebuah kedai kopi populer, dan menyerupai ATM tunai biasa.

Namun, selain transaksi tunai mesin tersebut juga menukar dolar Kanada dengan bitcoin, mata uang virtual Internet yang diciptakan pada 2008 oleh seorang ilmuwan komputer anonim yang dikenal hanya dengan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Pelanggan berbaris pada Selasa untuk menggunakan ATM tersebut, kemudian menggunakan ponsel pintar mereka untuk membeli kopi dan muffin di kedai kopi Waves.

Itu adalah ATM pertama di dunia, kata salah satu pemiliknya Mitchel Demeter, seorang pengusaha lokal yang memulai perdagangan dengan menggunakan bitcoin beberapa tahun yang lalu, lalu awal tahun ini bersama dua rekannya membuat Bitcoiniacs, sebuah mesin tukar uang di Vancouver.

Dia dan rekannya, yang pernah bersekolah di sekolah yang sama, mengatakan mereka melihat mesin ATM sebagai peluang bisnis. “Tidak ada orang yang memiliki ATM, semua orang membeli dan menjual di situs,” kata Demeter.

Pelanggan menggunakan kunci pribadi - seperti nomor PIN Bank - untuk mengakses rekening bitcoins online mereka di ATM.

Mereka menarik uang tunai (tingkat konversi saat ini untuk satu bitcoin setara dengan 200 dolar Amerika) dari bitcoin mereka, atau tagihan setoran tunai. Mesin itu kemudian transfer uang di Internet melalui Canadian Virtex exchange.

Pengguna kemudian dapat menggunakan bitcoin mereka dengan smartphone, dalam cara yang mirip dengan cara berinteraksi atau seperti menggunakan kartu kredit, atau dengan mentransfer uang untuk membeli barang secara online.

“Ini adalah mata uang internet, senyata mata uang lainnya,” kata Demeter. (Ant/wikipedia)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home