Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:25 WIB | Jumat, 16 Januari 2015

Audit Gender Terhadap Program Bantuan Sosial

Kunjungan Kader Posyandu tergabung dalam Jaringan Masyarakat Purbanharjo ke kantor Kemenpppa terkait audit gender program bantuan sosial. (Foto: kemenpppa.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kader Posyandu dari Kabupaten Purbalingga, Susana dan Sartini, yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Purbanharjo dan didampingi Perkumpulan Aksara melakukan kunjungan ke kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Jakarta (13/1).

Dalam kunjungannya tersebut, mereka membagi pengalaman tentang keterlibatannya dalam pelaksanaan audit gender terhadap program-program bantuan sosial, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pertemuan ini dihadiri pula oleh Deputi Bidang Pengarusutamaan Gender (PUG) Bidang Ekonomi, Dr Ir Sulikanti Aguni M Sc dan Inspektur Titi Eko Rahayu SE MAP.

“Pelaksanaan audit gender terhadap program JKN, BOS dan BSM yang dilaksanakan di 2 desa Kabupaten Kulonprogo, yang awalnya terlihat rumit dan asing, menjadi suatu yang mudah dipahami,” kata Susana saat menceritakan pengalamannya. Meski telah dipahami, namun hambatan yang ditemui di lapangan pun juga tidak luput diceritakan.

“Saya sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan para kader Posyandu dan Perkumpulan Aksara,” kata Sulikanti Agusni. Harapan semua pihak bahwa hasil audit gender yang telah dituangkan ke dalam kertas usulan komunitas, menjadi perhatian dari pemangku kepentingan untuk perbaikan program pengentasan kemiskinan yang ada. “Dengan ini, proses yang telah dilakukan akan menjadi masukan yang sangat berharga untuk pengembangan strategi dalam pelaksanaan program Kementerian PP-PA,” kata Titi Eko Rahayu.

Perwakilan dari Perhimpunan Aksara, yang mendampingi mereka pun menyampaikan bahwa program audit gender untuk program pengentasan kemiskinan, khususnya program JKN, BSM dan BOS, merupakan program yang dikembangkan oleh Perkumpulan Aksara dengan dukungan Yayasan Tifa. (kemenpppa.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home