Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:53 WIB | Jumat, 26 Mei 2023

Bagaimana Erdogan Pertahankan Popularitas di Tengah Gejolak Ekonomi dan Politik Turki?

Pendukung Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, bersorak di luar markas AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan) di Istanbul, Turki, Minggu, 14 Mei 2023. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, tetap berkuasa selama 20 tahun dengan berulang kali mengatasi krisis politik: protes massal, tuduhan korupsi, upaya kudeta militer, dan masuknya pengungsi dalam jumlah besar yang melarikan diri dari perang saudara Suriah. Sekarang orang-orang dan ekonomi Turki dihantam oleh inflasi yang sangat tinggi, dan banyak yang belum pulih dari gempa dahsyat di bulan Februari yang diperburuk oleh respons lambat pemerintah. (Foto: AP/Francisco Seco)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, tetap berkuasa selama 20 tahun dengan berulang kali mengatasi krisis politik: protes massal, tuduhan korupsi, upaya kudeta militer, dan gelombang besar pengungsi orang yang melarikan diri dari perang saudara Suriah.

Sekarang orang-orang dan ekonomi Turki dihantam oleh inflasi yang sangat tinggi, dan banyak yang belum pulih dari gempa dahsyat di bulan Februari yang diperburuk oleh respons lambat pemerintah.

Namun Erdogan, seorang populis dengan naluri otoriter yang semakin meningkat, memasuki pemilihan putaran kedua hari Minggu (28/5) sebagai favorit kuat melawan pemimpin oposisi, Kemal Kilicdaroglu, setelah kalah tipis dari kemenangan di putaran pertama pemungutan suara. Jadi, meski dengan tangan yang lemah, apa yang menjelaskan umur panjang dan daya tariknya yang luas?

Erdogan, 69 tahun, telah memupuk loyalitas yang mendalam dari para pendukung konservatif dan religius dengan mengangkat nilai-nilai Islam di negara yang telah ditentukan oleh sekularisme selama hampir satu abad.

Dia telah memperketat cengkeramannya pada kekuasaan dengan mengerahkan sumber daya pemerintah untuk keuntungan politiknya, menghabiskan banyak uang untuk infrastruktur untuk menyenangkan konstituen, dan secara ketat mengontrol media untuk membungkam kritik.

Dan dia telah mempengaruhi banyak orang Turki ke sisinya dengan cara dia menavigasi panggung dunia, menunjukkan bahwa negaranya memiliki kekuatan independen, dan dapat melenturkan militernya, saat terlibat dengan Timur dan Barat.

Stabilitas Bukan Perubahan?

Popularitas Erdogan pada saat krisis ekonomi juga tampaknya berasal dari fakta daya tahannya; banyak orang tampaknya menginginkan stabilitas, bukan lebih banyak perubahan, menurut wawancara dengan para pemilih dan analis.

“Selama masa krisis nasional seperti ini, orang biasanya berkumpul di sekitar pemimpin,” kata Gonul Tol, seorang analis di Middle East Institute di Washington. “Para pemilih tidak cukup percaya pada kemampuan oposisi untuk memperbaiki keadaan.”

Sudah menjadi pemimpin terlama di Turki, Erdogan akan memperpanjang kekuasaannya menjadi dekade ketiga, hingga 2028, jika dia mendapatkan mayoritas suara di putaran kedua.

Dia menerima 49,5% suara di putaran pertama, unggul empat poin persentase dari Kilicdaroglu, seorang demokrat sosial yang telah memimpin partai oposisi utama negara itu sejak 2010. Dan pada hari Senin (22/5), Erdogan memenangkan dukungan dari kandidat sayap kanan yang menempati posisi ketiga, memberinya dorongan menuju putaran kedua.

Kilicdaroglu, seorang ekonom dan mantan anggota parlemen, adalah kandidat gabungan dari aliansi koalisi enam partai. Dia telah berjanji untuk membatalkan kebijakan ekonomi Erdogan, yang menurut para ahli telah memicu inflasi, dan untuk membalikkan kecenderungan Erdogan yang semakin otoriter, termasuk tindakan keras terhadap kebebasan berbicara. Tetapi kampanyenya masih harus berjuang keras untuk menarik pendukung Erdogan.

“Lihatlah panggung negara kita telah tiba dalam 20 tahun terakhir. (Oposisi) akan membawa kita kembali ke 50-60 tahun yang lalu,” kata Bekir Ozcelik, seorang penjaga keamanan di Ankara, yang memilih Erdogan. “Tidak ada pemimpin lain di dunia yang setara dengan Erdogan.”

Apa yang dilihat Ozcelik dan banyak pendukung lainnya dalam diri Erdogan adalah seorang pemimpin yang telah menunjukkan bahwa Turki dapat menjadi pemain utama dalam geopolitik.

Anggota NATO

Turki adalah anggota kunci NATO karena lokasinya yang strategis di persimpangan Eropa dan Asia, dan mengendalikan tentara terbesar kedua di aliansi itu. Di bawah pemerintahan Erdogan, Turki telah terbukti menjadi sekutu NATO yang sangat diperlukan dan kadang-kadang menyusahkan.

Turki memveto masuknya Swedia ke NATO dan membeli sistem pertahanan rudal Rusia, mendorong Amerika Serikat untuk mengusir Turki dari proyek jet tempur yang dipimpin AS. Namun, bersama dengan PBB, Turki menjadi perantara kesepakatan penting yang memungkinkan Ukraina mengirimkan biji-bijian melalui Laut Hitam ke belahan dunia yang berjuang melawan kelaparan.

Setelah perang saudara pecah di Suriah pada 2011, Erdogan melibatkan Turki dengan mendukung pejuang oposisi yang berusaha menggulingkan Presiden Bashar Assad. Pertempuran itu memicu gelombang pengungsi Suriah yang digunakan Erdogan sebagai pengungkit terhadap negara-negara Eropa, dengan mengancam akan membuka perbatasan Turki dan membanjiri mereka dengan para migran.

Dan Turki sekarang menguasai sebagian besar wilayah di Suriah utara, setelah serangkaian serangan militer yang ditujukan pada kelompok Kurdi di sana yang berafiliasi dengan pemberontak yang dilarang oleh Turki.

Erdogan membual tentang sektor industri militer Turki di jalur kampanye dengan mengutip drone buatan sendiri, pesawat terbang, dan kapal perang yang disebut-sebut sebagai “pengangkut drone” pertama di dunia, dan pesan itu tampaknya beresonansi dengan para pemilih pada 14 Mei, kata para analis.

Masalah Ekonomi Mengangkat Kecenderungan ke Islamis

Di front domestik, Erdogan telah mengangkat profil Islam di negara yang akar sekulernya mulai goyah.

Dia telah mengekang kekuatan militer sekuler dan mencabut aturan yang melarang perempuan konservatif mengenakan jilbab di sekolah, dan kantor pemerintahan. Untuk lebih menggalang pendukung konservatifnya, Erdogan telah meremehkan Kilicdaroglu dan oposisi sebagai mendukung apa yang disebutnya hak LGBTQ yang “menyimpang”.

Ancaman terbesar yang dihadapi Erdogan saat ini adalah ekonomi. Metode utamanya untuk menyerang daya beli keluarga yang menurun adalah dengan melepaskan pengeluaran pemerintah, yang, bersamaan dengan penurunan suku bunga, hanya memperburuk inflasi, menurut para ekonom.

Erdogan telah meningkatkan gaji sektor publik, mendorong pensiun dan mengizinkan jutaan orang untuk pensiun dini. Dia juga memperkenalkan subsidi listrik dan gas dan menghapus sebagian utang rumah tangga.

Dia juga berjanji untuk menghabiskan apa pun yang diperlukan untuk merekonstruksi daerah yang dilanda gempa yang luas. Pada setiap upacara peletakan batu pertama yang dia hadiri, Erdogan mengatakan hanya pemerintahnya yang dapat membangun kembali kehidupan setelah bencana yang meratakan kota dan menewaskan lebih dari 50.000 orang di Turki.

Partai Erdogan memenangkan 10 dari 11 provinsi di wilayah yang terkena dampak gempa, wilayah yang secara tradisional mendukungnya, meskipun ada kritik bahwa tanggapan awal pemerintahnya terhadap bencana itu lambat.

Mustafa Ozturk, seorang pendukung Erdogan di Ankara, mengatakan standar hidupnya telah menurun akibat inflasi. Tapi menurut pandangannya, Turki bukan satu-satunya negara yang berjuang melawan inflasi sejak pandemi.

“Itu bukan kesalahan Erdogan,” katanya. Ozturk mengatakan dia tidak akan pernah memberikan suara menentang Erdogan, mengatakan dia merasa "berutang budi" kepadanya karena membawa Islam lebih ke garis depan masyarakat.

Kontrol Ketat pada Kebebasan Media

Pesan Erdogan dan kekuasaan diperkuat oleh kontrolnya yang ketat terhadap media.

Penyiar milik negara TRT Haber mengabdikan lebih dari 48 jam waktu tayang untuk Erdogan sejak 1 April, dibandingkan dengan 32 menit yang diberikan kepada Kilicdaroglu, menurut Ilhan Tasci, anggota pengawas radio dan televisi Turki.

Janji Kilicdaroglu untuk memperbaiki ekonomi dan menegakkan hak-hak perempuan untuk mengenakan jilbab di sekolah sama sekali tidak bergema di jantung konservatif negara itu.

“Kilicdaroglu mengubah citra partai (oposisi), tetapi Erdogan mengendalikan narasinya, jadi ada faktor ketakutan” di kalangan perempuan konservatif yang mengenakan jilbab bergaya Islami, katanya. “Mereka percaya bahwa jika oposisi berkuasa, mereka akan menjadi lebih buruk.”

Setelah partai pro Kurdi Turki mendukung Kilicdaroglu, Erdogan menggambarkan oposisi didukung oleh “teroris” Kurdi. Upaya oposisi untuk membantahnya jarang disiarkan oleh media arus utama.

Erdogan “dengan cermat mencalonkan diri untuk meraih kemenangan yang bersandar pada lembaga negara, bersandar pada kontrol informasi dan menjelekkan oposisi sebagai teroris atau (memiliki) keyakinan yang ditafsirkan sebagai tidak cukup Muslim,” kata Soner Cagaptay, pakar Turki di Institut Washington dan seorang penulis dari banyak buku tentang Erdogan.

“Media mengalihkan perdebatan ke bagaimana Turki menjadi raksasa militer industri di bawahnya. Dan itu berhasil,” kata Cagaptay.

Selama putaran pertama pemungutan suara pada 14 Mei, Turki juga mengadakan pemilihan legislatif, di mana aliansi partai nasionalis dan Islamis Erdogan memenangkan mayoritas di parlemen dengan 600 kursi. Itu memberinya keuntungan tambahan di putaran kedua, kata para analis, karena banyak pemilih cenderung mendukungnya untuk menghindari pemerintahan yang terpecah.

“Parlemen sangat mendukung kami,” kata Erdogan pekan lalu dalam sebuah wawancara dengan CNN-Turk. “Jika ada pemerintahan yang stabil, akan ada kedamaian dan kemakmuran di negara ini.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home