Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:59 WIB | Jumat, 26 Mei 2023

CNRT Menangi Pemilu, Xanana Gusmao Mungkin Kembali Jadi PM Timor Leste

Ketua Kongres Nasional Partai Rekonstruksi Timor Timur (CNRT) dan mantan pejuang kemerdekaan Xanana Gusmao, kanan, menyapa pendukungnya di Dili, Timor Leste, Selasa, 23 Mei 2023. Partai oposisi negara itu memenangkan pemilihan parlemen hari Minggu, artinya Gusmao kemungkinan akan kembali sebagai perdana menteri di negara demokrasi termuda di Asia. (Foto: AP/Lorenio L. Pereira)

DILI, SATUHARAPAN.COM-Partai oposisi Timor Leste memenangkan pemilihan parlemen hari Minggu (21/5), yang berarti pejuang kemerdekaan Xanana Gusmao kemungkinan akan kembali sebagai perdana menteri di negara demokrasi termuda di Asia.

Penghitungan suara terakhir yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum pada hari Selasa (23/5) menunjukkan Kongres Nasional Rekonstruksi Timor Timur, yang dikenal sebagai CNRT, memenangkan 41% suara dan memperoleh 31 kursi dari 65 kursi di Parlemen Nasional.

Front Revolusioner yang berkuasa untuk Timor Timur Merdeka, atau Fretilin, memiliki 25% suara dan 19 kursi. Ia berjanji akan menerima hasil pemilu.

Partai Demokrat memenangkan enam kursi, Partai Khunto lima kursi dan Partai Pembebasan Rakyat empat kursi.

Sebanyak 17 partai mencalonkan diri. Mereka diharuskan memiliki seorang calon anggota parlemen perempuan di setidaknya tiga calon dalam daftar partai dan kursi dialokasikan untuk mereka yang memiliki ambang pemilihan 4%.

Tidak ada partai yang membentuk koalisi sebelum pemungutan suara, meninggalkan pilihan siapa yang akan memimpin pemerintahan antara Gusmao, yang memimpin CNRT, dan pemimpin Fretilin Mari Alkatiri, yang juga tokoh era perlawanan.

Fretilin dan CNRT saling menyalahkan selama bertahun-tahun kelumpuhan politik. Ketegangan antara dua partai terbesar sejak 2018 menyebabkan pengunduran diri Perdana Menteri Taur Matan Ruak pada 2020 setelah pemerintah berulang kali gagal mengesahkan anggaran. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home