Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:26 WIB | Sabtu, 13 Agustus 2022

Banjir di Yaman: Bangunan Bersejarah Runtuh, 38 Tewas

Warga Yaman memeriksa bangunan kuno yang terdaftar dalam warisan UNESCO yang runtuh akibat hujan di kota tua Sanaa, Yaman, Rabu, 10 Agustus 2022. (Foto: AP/Hani Mohammed)

SANAA, SATUHARAPAN.COM-Hujan deras di Yaman barat daya dan ibu kota negara itu Sanaa telah memicu banjir bandang dan mengakibatkan rumah-rumah yang roboh, menewaskan sedikitnya 38 orang selama dua hari terakhir, kata para pejabat, hari Kamis (11/8).

Puluhan rumah di Sanaa dan Provinsi Dhamar dan Ibb telah benar-benar runtuh atau rusak parah, kata para pejabat, yang berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan media.

Daerah-daerah tersebut dikendalikan oleh pemberontak Houthi Yaman, yang berperang dengan pasukan yang setia kepada pemerintah negara yang diakui secara internasional, yang didukung oleh koalisi yang dipimpin Arab Saudi.

Musim hujan tahunan di Yaman biasanya dimulai pada Mei dan berlangsung hingga Agustus, tetapi tahun ini, negara paling miskin di dunia Arab itu mengalami hujan yang lebih deras dari biasanya disertai badai petir.

Sementara itu, UNESCO pada hari Kamis menyuarakan keprihatinan atas dampak curah hujan di Kota Tua Sanaa, sebuah situs Warisan Dunia, di mana pemberontak mengatakan pada hari sebelumnya bahwa 10 rumah bersejarah kota telah sepenuhnya runtuh dan sekitar 80 telah rusak oleh bencana tersebut.

Arsitektur di Kota Tua unik, dengan fasad bata merah yang dihiasi dengan cetakan gipsum putih dalam pola hiasan, gambar perbandingan dengan rumah roti jahe, gaya bangunan yang melambangkan ibu kota Yaman. Banyak dari rumah-rumah tersebut masih merupakan rumah pribadi dan ada pula yang berusia lebih dari 500 tahun.

Dalam email yang dikirim ke The Associated Press,badan PBB itu mengatakan sedang memantau dengan cermat situasi di Sanaa, serta di kota Zabid, bekas ibu kota Yaman, dan kota bertembok tua Shibam. Bersama dengan Uni Eropa, badan PBB telah memulihkan lebih dari 200 bangunan bersejarah di jantung kota Sanaa selama empat tahun terakhir tetapi masih banyak yang harus dilakukan, katanya.

Pada tahun 2020, banjir yang dipicu oleh hujan lebat juga merusak banyak rumah bersejarah di Kota Tua Sanaa dan merusak upaya konservasi. Upaya pelestarian juga telah dirusak dalam beberapa tahun terakhir oleh perang saudara yang sedang berlangsung, tambah UNESCO.

“Besarnya kebutuhan di lapangan membutuhkan prioritas intervensi lebih lanjut di rumah-rumah bersejarah yang dihuni dengan nilai arsitektur luar biasa, yang menghadapi kerusakan substansial,” kata UNESCO.

Konflik Yaman meletus pada tahun 2014, ketika Houthi yang didukung Iran turun dari kantong utara mereka dan mengambil alih Sanaa, memaksa pemerintah untuk melarikan diri ke selatan dan kemudian ke pengasingan di Arab Saudi. Koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi memasuki perang pada awal 2015 untuk mencoba mengembalikan pemerintah ke tampuk kekuasaan.

Sejak itu, konflik telah berubah menjadi perang proksi antara musuh regional Arab Saudi dan Iran dan melahirkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home