Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:21 WIB | Senin, 20 Juni 2022

Banjir Melanda Beberapa Daerah

Banjir Melanda Beberapa Daerah
Banjir di Kabupaten Pulau Morotai. (Foto: BPBD Kabupaten Pulau Morotai)
Banjir Melanda Beberapa Daerah
Banjir di tiga kecamatan, Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (18/6). (Foto: BPBD Kabupaten Buton Utara)
Banjir Melanda Beberapa Daerah
Banjir terjadi di Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, pada Sabtu (18/6). (Foto: BPBD Kabupaten Seram Bagian Barat)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Banjir terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Wilayah Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, dan Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Seram, Provinsi Maluku.

Di Morotai banjir melanda Kecamatan Morotai Selatan, Kecamatan Morotai Timur, dan Kec. Morotai Utara. Banjir yang disertai angin kencang berdampak pada 779 KK atau 3.637 jiwa, namun tidak ada korban jiwa dan juga tidak ada warga yang mengungsi.

BPBD Kabupaten Pulau Morotai melaporkan hujan lebat pada hari Rabu tersebut merusakkan 774 unit rumah warga, dan empat unit mengalami rusak berat.

Banjir di Buton

Banjir juga melanda Kabupaten Buton Utara pada hari Sabtu (18/6). Tiga wilayah yang terdampak adalah Kecamatan Kulisusu Barat, Wakorumba Utara dan Kambowa. Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton Utara melaporkan sebanyak 81 KK terdampak banjir tersebut.

Tidak ada korban jiwa dan tidak ada warga yang mengungsi, dan sejak hari Minggu (19/6) air mulai surut.

Banjir di Seram Barat

Banjir juga terjadi di Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, pada hari Sabtu (18/6). Sebanyak delapan keluarga terpaksa mengungsi akibat fenomena tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seram Bagian Barat melaporkan banjir terjadi setelah hujan lebat disertai angin kencang melanda kecamatan tersebut. Banjir mengakibatkan 67 KK atau 335 terdampak, dan bencana angin kencang berdampak pada 15 KK.

BPBD melaporkan 8 KK atau 45 jiwa mengungsi sementara waktu. Pemerintah daerah setempat telah membantu mereka yang terdampak bencana.  Dua wilayah terdampak fenomena tersebut berada di Desa Piru dan Desa Eti, Kecamatan Seram Barat.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home