Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:02 WIB | Kamis, 15 Desember 2022

Banjir Melanda Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat

Banjir yang merendam pemukiman warga Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat pada Senin (13/12) pukul 18.00 WIB. (Foto: BPBD Kabupaten Melawi)

MELAWI, SATUHARAPAN.COM-Banjir terjadi di wilayah Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat pada hari Senin (13/12) pukul 18:00 WIB. Peristiwa itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut yang menyebabkan debit air Sungai Bakah meluap dan menggenangi rumah warga.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat, hingga Rabu (14/12), sebanyak 170 kepala keluarga terdampak dan 170 unit rumah warga yang berada di Desa Sungai Bakah Kecamatan Pinoh Selatan terendam banjir dengan ketinggian muka air bervariasi sekitar 20 hingga 50 centimeter.

Pada saat kejadian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi langsung menuju lokasi terdampak untuk melakukan kaji cepat situasi, melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan aparat setempat untuk menentukan penanganan lebih lanjut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Kabupaten Melawi pada hari ini Rabu (14/12) dan Kamis (15/12) didominasi oleh cuaca hujan dengan intensitas ringan. Sementara itu berdasarkan Kajian inaRisk BNPB, wilayah Kabupaten Melawi merupakan wilayah dengan risiko banjir tingkat sedang hingga tinggi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home