Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 12:28 WIB | Jumat, 04 Agustus 2023

Bank of England Naikan Suku Bunga Utama Jadi 5,25%

Juru kampanye dari Positive Money berdemonstrasi di luar Bank of England hari Kamis (3/8). (Foto: Jordan Pettitt/PA via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Bank of England menaikkan suku bunga utamanya pada hari Kamis (3/8) ke level tertinggi baru dalam 15 tahun karena mencoba menurunkan inflasi yang terus-menerus tinggi, siap untuk membawa lebih banyak penderitaan bagi orang-orang yang melihat sewa dan hipotek naik selama krisis biaya hidup.

Kenaikan seperempat poin persentase menjadi 5,25%, yang diantisipasi secara luas oleh para ekonom, adalah kenaikan ke-14 bank sentral berturut-turut. Bank mengatakan beberapa risiko dari inflasi yang lebih membandel, terutama upah yang lebih tinggi, telah "mulai mengkristal," sehingga mendorong biaya pinjaman lebih tinggi.

Ada kekhawatiran, tentu saja di antara rumah tangga dan bisnis yang tertekan, bahwa bank akan mengulangi kenaikan setengah poinnya yang luar biasa dari bulan Juni. Tetapi angka bulan lalu menunjukkan bahwa inflasi turun lebih dari yang diperkirakan menjadi 7,9% mengurangi tekanan untuk bertindak agresif lagi.

"Inflasi turun dan itu kabar baik," kata Gubernur Bank, Andrew Bailey. “Kami tahu bahwa inflasi mencapai yang paling sulit, dan kami harus benar-benar memastikan bahwa itu jatuh kembali ke target 2%.”

Dengan inflasi empat kali lipat dari level itu, bank diperkirakan akan naik lagi selama beberapa bulan mendatang, dan ini menunjukkan pada hari Kamis bahwa suku bunga harus tetap lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama.

AS dan Uni Eropa

Federal Reserve Amerika Serikat dan Bank Sentral Eropa juga menaikkan suku bunga pekan lalu, tetapi mereka dianggap lebih dekat untuk mengambil jeda karena inflasi turun lebih tajam daripada di Inggris. Lonjakan harga telah berkurang menjadi 3% di Amerika Serikat dan 5,3 % di 20 negara yang menggunakan mata uang euro.

Bank-bank sentral di seluruh dunia telah menaikkan biaya pinjaman untuk memerangi inflasi yang dipicu oleh harga energi yang lebih tinggi setelah Rusia menginvasi Ukraina dan cadangan rantai pasokan saat ekonomi global pulih dari pandemi virus corona.

Suku bunga yang lebih tinggi membantu meredam inflasi – tetapi juga pertumbuhan ekonomi – dengan membuatnya lebih mahal bagi konsumen dan bisnis untuk meminjam untuk membeli rumah, mobil, atau peralatan.

Beberapa alasan menunjukkan inflasi Inggris yang lebih tinggi. Banyak ekonom menyalahkan keluarnya Inggris dari Uni Eropa, karena Brexit menghambat perdagangan dan menaikkan biaya bisnis. Yang lain lebih menyalahkan Bank of England sendiri - karena terlalu lambat dalam mulai menaikkan suku bunga, sehingga memungkinkan inflasi berakar lebih luas dalam perekonomian, terutama dalam upah yang lebih tinggi.

Apa pun kesalahannya, ini adalah waktu yang sangat menyakitkan bagi rumah tangga Inggris yang tingkat hipotek atau sewanya meroket sementara mereka berjuang untuk memenuhi kebutuhan selama krisis biaya hidup yang ditandai dengan biaya makanan dan energi yang lebih tinggi.

Dalam prakiraan yang menyertai keputusan tersebut, bank sentral mengatakan inflasi diperkirakan akan turun menjadi 4,9% pada akhir tahun, dengan kenaikan harga pangan ditetapkan moderat.

Tetapi bagi banyak orang, rasa sakitnya belum juga menyerang. Tidak seperti di AS, sebagian besar pemilik rumah di Inggris mengunci suku bunga hipotek hanya untuk beberapa tahun, sehingga mereka yang kesepakatannya akan segera berakhir menghadapi prospek biaya pinjaman yang jauh lebih tinggi.

Sekitar 2,5 juta kesepakatan seperti itu akan berakhir pada akhir tahun depan, dengan sekitar satu juta rumah tangga menghadapi kenaikan bulanan sebesar 500 pound (US$640) dalam pembayaran hipotek mereka pada tahun 2026, kata Bailey.

"Akibatnya, pass-through dari kenaikan suku bunga baru-baru ini ke hipotek yang beredar sejauh ini telah dibatasi," kata Michael Saunders, penasihat ekonomi senior di Oxford Economics dan mantan penentu suku bunga di Bank of England.

Pada hari Kamis, dua dari sembilan anggota Komite Kebijakan Moneter penentu suku bunga memilih kenaikan setengah poin, sementara enam mendukung kenaikan seperempat poin dan satu memilih untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home