Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 12:10 WIB | Kamis, 27 Juli 2023

Fed AS Naikkan Suku Bunga Acuan Menjadi 5,3Persen

Ketua Federal Reserve, Jerome Powell ,berbicara selama konferensi pers di Gedung Dewan William McChesney Martin Jr. Federal Reserve setelah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal pada hari Rabu, 26 Juli 2023, di Washington. (Foto: AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Federal Reserve Amerika Serikat menaikkan suku bunga utamanya pada hari Rabu (26/7) untuk ke-11 kalinya dalam 17 bulan, serangkaian kenaikan yang dimaksudkan untuk mengekang inflasi tetapi juga membawa risiko terlalu jauh dan memicu resesi.

Langkah tersebut menaikkan suku bunga acuan jangka pendek Fed dari sekitar 5,1 persen menjadi 5,3 persen, level tertinggi sejak 2001. Berada di atas kenaikan suku bunga sebelumnya, langkah terbaru Fed dapat menyebabkan kenaikan lebih lanjut dalam biaya hipotek, pinjaman mobil, kartu kredit dan pinjaman bisnis.

Meskipun inflasi telah mereda ke laju paling lambat dalam dua tahun, kenaikan hari Rabu mencerminkan kekhawatiran pejabat Fed bahwa ekonomi masih tumbuh terlalu cepat sehingga inflasi turun kembali ke target dua persen mereka.

Dengan kepercayaan konsumen mencapai level tertinggi dalam dua tahun, orang Amerika terus berbelanja, berkerumun di pesawat, bepergian ke luar negeri, dan berbondong-bondong ke konser dan bioskop. Yang terpenting, bisnis terus merekrut.

Dalam pernyataan yang dikeluarkannya, The Fed mengatakan ekonomi "telah berkembang dengan kecepatan sedang", sedikit peningkatan dari penilaiannya pada bulan Juni.

Berbicara pada konferensi pers, Ketua Jerome Powell mengungkapkan bahwa staf ekonom The Fed tidak lagi memperkirakan resesi. Pada bulan April, risalah pertemuan bulan Maret bank sentral mengungkapkan bahwa staf ekonom membayangkan resesi "ringan" akhir tahun ini.

“Mengingat ketahanan ekonomi baru-baru ini,” katanya, “mereka tidak lagi memperkirakan resesi.”

Sebuah pertanyaan kunci berputar-putar di sekitar Fed adalah apakah kenaikan pada hari Rabu akan menjadi yang terakhir atau apakah akan naik lagi akhir tahun ini. Pada konferensi persnya, Powell mengatakan bank sentral belum membuat keputusan tentang kenaikan suku bunga di masa depan. Tetapi dia menjelaskan bahwa perjuangan melawan inflasi belum berakhir.

“Proses untuk menurunkan inflasi menjadi dua persen masih jauh,” kata Powell.

Dia menekankan bahwa pembuat kebijakan Fed akan menilai berbagai data ekonomi yang masuk dalam menentukan tindakan apa, jika ada, yang akan diambil pada pertemuan berikutnya. Ketika para pejabat terakhir bertemu pada bulan Juni, mereka memberi isyarat bahwa mereka memperkirakan akan menaikkan suku bunga dua kali lagi.

Pada saat mereka bertemu lagi pada 19-20 September, Powell mencatat, mereka akan memiliki lebih banyak data di tangan: Dua laporan inflasi lagi, dua laporan tentang perekrutan dan pengangguran dan angka terbaru tentang belanja konsumen dan upah.

Beberapa ekonom berpikir The Fed mungkin memutuskan untuk membatalkan kenaikan suku bunga pada bulan September sebelum mempertimbangkan kemungkinan kenaikan pada pertemuannya di bulan November.

Dalam beberapa pekan terakhir, beberapa pejabat Fed mengatakan mereka khawatir bahwa laju pertumbuhan pekerjaan yang masih cepat akan menyebabkan pekerja menuntut gaji yang lebih tinggi untuk menebus harga inflasi selama dua tahun. Kenaikan upah yang tajam dapat melanggengkan inflasi jika perusahaan merespons dengan menaikkan harga untuk pelanggan mereka.

Pada saat yang sama, pelonggaran tekanan inflasi yang stabil telah mengangkat harapan bahwa Fed dapat melakukan "pendaratan lunak" yang sulit, di mana kenaikan suku bunga akan terus mendinginkan inflasi tanpa membuat ekonomi jatuh ke dalam resesi yang menyakitkan.

Powell memberikan dukungan untuk kemungkinan itu dalam sambutannya pada hari Rabu, dengan mengatakan, "Kami memiliki kesempatan untuk melakukan soft landing."

Dia membuka prospek bahwa Fed akan "dapat mencapai inflasi bergerak kembali ke target kami tanpa jenis penurunan yang sangat signifikan yang menghasilkan tingkat kehilangan pekerjaan yang tinggi seperti yang telah kita lihat di masa lalu."

Pengeluaran konsumen yang tahan lama telah menjadi pendorong utama pertumbuhan. Banyak orang Amerika masih memiliki tabungan yang berasal dari pandemi, ketika pemerintah membagikan cek stimulus dan orang-orang berhemat dengan mengurangi pengeluaran untuk perjalanan, restoran, dan hiburan.

Dan perekrutan tetap sehat, dengan pemberi kerja telah menambahkan 209.000 pekerjaan pada bulan Juni dan tingkat pengangguran mencapai 3,6 persen yang sangat rendah. Di situlah saat The Fed mulai menaikkan suku bunga pada Maret 2022,  tanda ketahanan ekonomi yang hampir tidak pernah diramalkan oleh siapa pun.

Inflasi tahun-ke-tahun di bulan Juni adalah tiga persen, menurut pemerintah, turun tajam dari puncak 9,1 persen di bulan Juni 2022. Namun, satu catatan peringatan adalah bahwa ukuran inflasi “inti” yang lebih disukai oleh Fed, yang tidak termasuk biaya makanan dan energi yang mudah menguap, masih naik 4,6 persen di bulan Mei dari tahun sebelumnya.

“Inti masih cukup tinggi,” kata Powell pada konferensi persnya.

Beberapa pejabat Fed, termasuk Christopher Waller, anggota Dewan Gubernur yang blak-blakan, dan Lorie Logan, presiden Federal Reserve Bank of Dallas, mengatakan mereka berpikir efek kumulatif dari kenaikan suku bunga sebelumnya telah mempengaruhi perekonomian. Dengan inflasi yang masih di atas target Fed, mereka berpendapat bahwa kenaikan tambahan mungkin diperlukan untuk semakin memperlambat tekanan harga.

Powell menggemakan poin itu hari Rabu. Kenaikan suku bunga The Fed, katanya, "tidak cukup membatasi untuk waktu yang cukup lama" untuk memberikan efek penuhnya. “Prosesnya masih panjang,” katanya.

Beberapa analis memperingatkan bahwa penurunan inflasi tahun-ke-tahun dari sekitar sembilan persen menjadi tiga persen adalah bagian yang relatif mudah, menurunkannya ke target dua persen Fed akan lebih sulit dan memakan waktu lebih lama.

Pakar lain mengatakan mereka berpikir pembacaan inflasi ringan baru-baru ini dapat dipertahankan. Kenaikan biaya sewa, yang telah turun, seharusnya turun lebih jauh karena lebih banyak gedung apartemen selesai dibangun.

Meskipun Fed mulai memperketat kredit sebelum bank sentral di banyak negara maju lainnya melakukannya, sebagian besar lainnya sekarang mengikuti. Bank Sentral Eropa diperkirakan akan mengumumkan kenaikan suku bunga seperempat poinnya sendiri pada hari Kamis. Meskipun inflasi telah menurun di 20 negara yang menggunakan euro, tetap lebih tinggi di sana daripada di Amerika Serikat.

Bank of Japan diperkirakan akan mempertahankan kebijakannya tidak berubah ketika bertemu pekan depan meskipun harga di sana merayap lebih tinggi setelah kira-kira dua dekade mengalami penurunan harga.

Bank of England telah menjadi salah satu yang paling agresif di Eropa, setelah menaikkan suku bunga utamanya bulan lalu setengah poin ke level tertinggi 15 tahun sebesar lima persen. Inflasi tahun ke tahun di Inggris mencapai 8,7 persen yang menyakitkan di bulan Mei. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home