Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 16:27 WIB | Rabu, 08 Juli 2015

Bank Sentral Prancis: Yunani di Ambang Kerusuhan dan Kekacauan

Unjuk rasa warga Yunani menolak kebijakan penghematan yang diajukan oleh negara-negara kreditur (Foto:AP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Yunani dapat tergelincir ke dalam “kekacauan” kecuali sebuah kesepakatan dicapai dengan segera, ungkap kepala bank sentral Prancis, Christian Noyer, pada Rabu (08/07).

“Perekonomian Yunani di ambang bencana. Sebuah kesepakatan harus ditemukan pada hari Minggu (12/7) karena akan terlalu terlambat setelah hari itu dan konsekuensinya akan sangat serius,” katanya kepada radio Prancis, seraya menambahkan bahwa “mungkin akan ada kerusuhan... dan kekacauan di negara itu.”

Noyer mengatakan bahwa “tidak mungkin” untuk membuka kembali perbankan Yunani saat kepercayaan masih sangat rendah.

Komisioner Urusan Ekonomi Uni Eropa Pierre Moscovici mengatakan bahwa kesepakatan dengan Yunani dapat dicapai, tapi tergantung pada pemerintahan mereka untuk membuat usulan yang dapat dipercaya bagi sesama anggota zona euro.

“Saya pikir sebuah solusi harus ditemukan pada hari Minggu dan saya percaya itu bisa dicapai,” katanya kepada France 2 TV, seraya menambahkan: “Keputusan jelas berada di tangan pemerintah Yunani.”

Sejumlah pemimpin Eropa telah memberi waktu kepada Yunani hingga Kamis untuk mengajukan rencana reformasi rinci dan menetapkan tenggat waktu pada Minggu untuk mencapai sebuah kesepakatan dana talangan baru.(AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home