Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:50 WIB | Rabu, 13 November 2013

Bantu Filipina, Jepang Siap Kirim 1.000 Tentara

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Jepang siap mengirimkan 1.000 tentara ke Filipina pascabencana badai Haiyan untuk membantu upaya penyelamatan, kata juru bicara kementerian pertahanan pada Rabu (13/11).

Pernyataan tersebut muncul sehari setelah Tokyo mengerahkan 50 anggota dari Self-Defense Forces (Tentara Bela Diri/SDF) untuk membantu dalam operasi bantuan medis dan transportasi menyusul permintaan dari Manila.

Tiga kapal angkatan laut dan sejumlah pesawat akan menemani kontingen tersebut, lapor kantor berita Jiji Pers. “Kami akan terus berkonsultasi dengan pemerintah Filipina tentang jumlah pengerahan yang dibutuhkan,” kata pejabat kementerian pertahanan tersebut.

Kerja mereka akan berfokus di kota Tacloban yang hancur saat badai terbesar dalam catatan sejarah menghancurkan permukiman di bagian tengah negara kepulauan tersebut.

Ibu kota provinsi itu merupakan kota pertama di Filipina yang dibebaskan dari pendudukan pasukan Jepang oleh tentara AS pada 1944 dalam masa Perang Dunia II. Ribuan orang dikhawatirkan tewas di Filipina sementara 660.000 orang kehilangan rumah mereka, menurut data dari PBB.

Jika Tokyo mengirim 1.000 kontingen tentara, maka akan menjadi tim bantuan tunggal terbesar yang dikirim ke luar negeri oleh SDF.

Pemerintah Jepang pada Selasa juga mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan bantuan sebesar 10 juta dolar Amerika (sekitar Rp 115,6 miliar) untuk memberikan tempat penampungan darurat dan bantuan lainnya bagi para pengungsi melalui organisasi bantuan. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home