Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 10:14 WIB | Rabu, 09 Juni 2021

Baseball Australia Mundur dari Kualifikasi Olimpiade

Ini diputuskan karena rumitnya mengatur perjalanan dan pengamanan dalam kondisi pandemi COVID-19.
Seseorang berjalan di sebelah Stadion Nasional, di mana upacara pembukaan dan banyak acara lainnya dijadwalkan untuk Olimpiade Tokyo 2020 yang ditunda, pada hari Rabu, 2 Juni 2021, di Tokyo. (Foto: dok. AP/Eugene Hoshiko)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM-Tim baseball Olimpiade Australia menyerah untuk mencoba lolos ke Olimpiade Tokyo karena komplikasi perjalanan terkait virus corona.

Kepala eksekutif Baseball Australia, Glenn Williams, pada hari Rabu (9/6) mengatakan keputusan yang "menyayat hati" untuk mundur membuat kualifikasi Olimpiade menjadi tidak mungkin. Turnamen kualifikasi terakhir pada 22-26 Juni yang awalnya akan diselenggarakan oleh Taiwan, tetapi akhir bulan lalu dipindahkan ke Puebla, Meksiko.

“Menghadiri kualifikasi Olimpiade terakhir di dunia di tengah COVID selalu akan menghadirkan tantangan yang signifikan,” kata Williams. “Perencanaan untuk Taiwan sangat luas dan dengan perubahan lokasi dan tanggal yang terlambat, rencana itu menjadi usang.

“Kami bekerja melalui berbagai opsi dan skenario, tetapi tantangan logistik untuk menyediakan lingkungan yang aman bagi grup tidak dapat diatasi.”

Williams mengatakan bahkan jika Australia menghadiri dan memenangkan kualifikasi, persyaratan karantina berikutnya membuat tidak mungkin untuk bersaing di Olimpiade Tokyo yang di mulai 23 Juli.

“Kesehatan dan keselamatan atlet selalu menjadi yang terpenting,” katanya. “Dan ada terlalu banyak pertanyaan tak terjawab tentang risiko signifikan. Kompleksitas pemindahan kelompok besar seperti itu, melalui dua negara, dengan ketersediaan penerbangan terbatas, menghadirkan risiko nyata anggota kelompok yang bisa terdampar di luar negeri dan memerlukan perawatan medis.”

Peringkat keempat dunia Taiwan pekan lalu menarik diri dari turnamen kualifikasi Meksiko karena alasan yang sama. China mengundurkan diri pada awal Mei sebelum turnamen dipindahkan dari Taiwan ke Meksiko.

Baseball kembali ke Olimpiade setelah dikeluarkan dari program untuk Olimpiade 2012 dan 2016 setelah pertama kali tampil sebagai olahraga medali penuh di Olimpiade Barcelona 1992. Australia memenangkan medali perak di Olimpiade Athena pada tahun 2004, kalah dari Kuba di final. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home