Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:27 WIB | Selasa, 16 April 2024

Belgia Selidiki Dugaan Campur Tangan Rusia dalam Pemilu di Uni Eropa

Dari kiri, Perdana Menteri Belgia, Alexander De Croo, Presiden Parlemen Eropa, Roberta Metsola, dan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen ,berpartisipasi dalam konferensi media di Parlemen Eropa di Brussels, pada 10 April 2024. Perdana Menteri Belgia, Alexander De Croo, mengumumkan pada hari Jumat , 12 April 2024 penyelidikan atas dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu Eropa pada bulan Juni, mengatakan bahwa dinas intelijen negaranya telah mengkonfirmasi adanya jaringan yang mencoba melemahkan dukungan untuk Ukraina. (Foto: dok. AP/Geert Vanden Wijngaert)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Belgia, Alexander De Croo, pada hari Jumat (12/4) mengumumkan penyelidikan terhadap dugaan campur tangan Rusia dalam Pemilu Eropa bulan Juni, dengan mengatakan bahwa dinas intelijen negaranya telah mengkonfirmasi keberadaan jaringan yang mencoba melemahkan dukungan untuk Ukraina.

“Badan intelijen Belgia telah mengkonfirmasi adanya jaringan campur tangan pro Rusia dengan aktivitas di beberapa negara Eropa dan juga di sini di Belgia,” kata De Croo, yang negaranya saat ini memegang jabatan presiden bergilir Uni Eropa.

De Croo mengatakan bahwa lembaga-lembaga Belgia bekerja sama dengan pihak berwenang Ceko setelah operasi pengaruh pro Rusia terungkap di sana. Dia mengatakan penyelidikan menunjukkan bahwa anggota Parlemen Eropa didekati dan ditawari uang untuk mempromosikan propaganda Rusia.

“Menurut badan intelijen kami, tujuan Moskow sangat jelas. Tujuannya adalah untuk membantu memilih lebih banyak kandidat pro Rusia di Parlemen Eropa dan memperkuat narasi pro Rusia di lembaga tersebut,” katanya kepada wartawan.

Pemungutan suara di seluruh Eropa diadakan pada tanggal 6-9 Juni untuk memilih parlemen Uni Eropa yang baru.

De Croo mengatakan “tujuannya sangat jelas: melemahnya dukungan Eropa terhadap Ukraina bermanfaat bagi Rusia di medan perang dan itulah tujuan sebenarnya dari apa yang telah terungkap dalam beberapa minggu terakhir.”

Bulan lalu, dinas keamanan negara Latvia memulai proses pidana terhadap anggota parlemen Uni Eropa Latvia berusia 73 tahun, Tatjana Ždanoka, atas dugaan hubungan dengan Rusia. Laporan di situs berita Rusia, Nordik, dan Baltik pada bulan Januari menuduh bahwa dia telah menjadi agen Dinas Keamanan Federal Rusia setidaknya sejak tahun 2004.

Negara-negara Uni Eropa telah mengucurkan miliaran euro ke Ukraina, bersama dengan sejumlah besar persenjataan dan amunisi. Mereka juga telah menjatuhkan sanksi terhadap pejabat tinggi Rusia, termasuk Presiden Vladimir Putin, bank, perusahaan, dan sektor energi sejak invasi besar-besaran pada Februari 2022.

Namun seiring berlarut-larutnya perang, dan pasukan Rusia yang tampaknya memiliki keunggulan tipis, dukungan tersebut menjadi semakin sulit untuk dipertahankan. Hungaria, pendukung terdekat Putin di Eropa, menunda pengiriman dana ke Ukraina dan menuntut diadakannya perundingan perdamaian.

Badan-badan intelijen Amerika Serikat menyimpulkan bahwa Putin memerintahkan kampanye tersembunyi untuk mempengaruhi pemilu tahun 2016 yang mendukung Donald Trump dibandingkan penantangnya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, dengan agen-agen Rusia meretas email-email Partai Demokrat dan memfasilitasi pembebasan mereka menjelang pemilu.

Baru-baru ini, mereka menyimpulkan bahwa Putin telah mengizinkan operasi pengaruh pada Pemilu tahun 2020 yang bertujuan untuk merendahkan Joe Biden, mendukung Trump, merusak kepercayaan terhadap Pemilu, dan memperburuk perpecahan sosial di AS. Trump dan Putin telah menampik temuan tersebut.

Merujuk pada penyelidikan yang dilakukan oleh jaksa Belgia, De Croo mencatat bahwa “pembayaran tunai tidak dilakukan di Belgia, namun campur tangan yang terjadi.”

“Ini adalah kekhawatiran yang serius dan itulah sebabnya saya mengambil tindakan,” katanya. “Kita tidak bisa membiarkan ancaman Rusia seperti ini terjadi di tengah-tengah kita. Kita perlu bertindak, dan kita perlu bertindak baik di tingkat nasional maupun di tingkat UE.”

Dia tidak memberikan rincian tentang siapa yang mungkin dicurigai. Pihak berwenang Belgia mengungkap operasi menjajakan pengaruh di Parlemen Eropa pada Desember 2022 yang melibatkan pejabat dari Qatar. Pemerintah Qatar membantah tuduhan tersebut.

Layanan media parlemen hanya mengatakan bahwa mereka memperhatikan keputusan otoritas kehakiman Belgia dan bahwa majelis akan bekerja sama dalam penyelidikan jika diminta. Ia menambahkan: “Kami tidak mengomentari penyelidikan yang sedang berlangsung.”

Baru pekan ini, anggota parlemen UE memperdebatkan tuduhan campur tangan Rusia di parlemen dan Pemilu, serta apa dampaknya terhadap blok tersebut. Mereka diharapkan untuk mengadopsi resolusi mengenai masalah ini pada sidang pleno berikutnya di Strasbourg, Prancis, mulai pada 22 April.

Pada pertemuan puncak para pemimpin UE bulan lalu, Presiden parlemen, Roberta Metsola, memperingatkan bahwa kemungkinan campur tangan pemilu “akan menjadi ujian bagi sistem kami” selama Pemilu bulan Juni.

“Kami melihat upaya di banyak negara untuk mendorong disinformasi, misinformasi, dan propaganda yang datang dari pihak-pihak yang memusuhi proyek Eropa. Kita tidak bisa membiarkan kehancuran ini narasi, propaganda, dan disinformasi menyebar tanpa melawannya,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home