Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 12:09 WIB | Selasa, 19 Maret 2024

Jersey Baru Tim Sepak Bola Belgia: Penghormatan untuk Penulis Komik Tintin

Dalam cuplikan video ini, seorang model berpose saat peresmian jersey baru timnas sepak bola Belgia, di Brussels, Belgia, hari Kamis, 14 Maret 2024. (Foto: SNTV via AP)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Jika pemain sepak bola Belgia, Kevin De Bruyne, kembali tampil dengan potongan rambut lamanya, dia akan menjadi Tintin yang sempurna di Kejuaraan sepak bola Eropa musim panas ini.

Asosiasi Sepak Bola Belgia meluncurkan seragam kandang dan tandang baru untuk pemain internasional pria dan wanita pada hari Kamis (14/3). Seragam kandang berlanjut dengan warna merah tradisional yang dikenakan timnas yang pemainnya berjuluk Setan Merah dan Api Merah.

Namun seragam tandang ini merupakan penghormatan kepada kartunis Belgia, Hergé, dan karakter yang membuatnya terkenal: Tintin, reporter pemberani. Terdiri dari jersey biru dengan kerah putih, celana pendek coklat, dan kaos kaki putih.

Dalam petualangannya yang penuh aksi, Tintin kerap mengenakan sweter biru di atas kemeja berkerah putih yang dipadukan dengan celana berpotongan coklat, kaus kaki putih, dan sepatu coklat. Tintin juga memiliki potongan rambut quiff yang menjadi ciri khasnya.

Selama bertahun-tahun, media Belgia sering menyebut kemiripan gelandang Belgia, Kevin De Bruyne, dengan Tintin, terutama ketika bintang Manchester City itu memiliki potongan rambut yang lebih pendek.

“Sebagai penggemar berat Tintin, saya senang Setan Merah kita akan menaklukkan Eropa dengan seragam yang terinspirasi dari salah satu pahlawan terhebat Belgia,” kata Piet Vandendriessche, CEO FA Belgia.

“Kami sangat gembira untuk memberi penghormatan kepada ikon global sejati: Hergé. Dia tidak hanya memikat hati dan pikiran saya saat tumbuh dewasa, namun juga banyak generasi. Dan itulah yang ingin dicapai oleh Setan Merah, dan juga Api Merah. Mudah-mudahan Tintin bisa memberi mereka inspirasi untuk menampilkan pertunjukan hebat mulai musim panas ini di Jerman.”

Seragam kandang baru, dengan warna merah anggur, akan dikenakan oleh semua tim nasional Belgia mulai 23 Maret dan seterusnya, saat Setan Merah bermain melawan Irlandia sebagai bagian dari persiapan mereka untuk Euro 2024. Tim putra akan melakukan debut seragam tandang di pertandingan persahabatan melawan Inggris pada 26 Maret.

Tintin pertama kali muncul di suplemen surat kabar “Le Petit Vingtième” di Brussel pada tahun 1929 dan melakukan perjalanan ke seluruh dunia. Petualangannya telah menjual lebih dari 270 juta komik di seluruh dunia dan telah diterjemahkan ke dalam 70 bahasa.

Euro 2024 di Jerman dijadwalkan berlangsung pada 14 Juni-14 Juli. FA Belgia mengumumkan pada konferensi pers di Museum Hergé di luar Brussels bahwa pelatih Setan Merah Domenico Tedesco memperpanjang kontraknya setelah Piala Dunia 2026. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home