Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:29 WIB | Selasa, 31 Januari 2023

Blinken dan Netanyahu Bahas Solusi Dua Negara, Ancaman Iran, dan Abraham Accords

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, berjabat tangan setelah pertemuan mereka di Kantor Perdana Menteri di Yerusalem, pada Senin, 30 Januari 2023. (Foto: Reuters)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mendesak warga Palestina dan Israel untuk mengurangi eskalasi, menegaskan kembali perlunya solusi dua negara untuk perdamaian abadi. Dia juga menekankan pentingnya melawan Iran dan mencegahnya memperoleh senjata nuklir.

Itu dikatakan selama kunjungan pada hari Senin (30/1) ke Yerusalem di mana dia bertemu dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Blinken mengutuk serangan sinagoga yang menewaskan tujuh orang Israel dan dilakukan oleh seorang pria Palestia bersenjata, dan mengatakan kepada wartawan setibanya di Tel Aviv, itu “lebih dari serangan terhadap individu. Itu juga merupakan serangan terhadap tindakan universal dalam menjalankan keyakinan seseorang. Kami mengutuknya dengan sangat keras.”

“Dan kami mengutuk semua orang yang merayakan ini dan tindakan terorisme lainnya yang merenggut nyawa tak bersalah, tidak peduli siapa korbannya atau apa yang mereka yakini. Seruan untuk membalas dendam terhadap lebih banyak korban yang tidak bersalah bukanlah jawabannya,” kata Blinken.

Dia juga menyerukan untuk meredakan ketegangan antara kedua belah pihak: “Adalah tanggung jawab setiap orang untuk mengambil langkah-langkah untuk meredakan ketegangan daripada mengobarkannya.”

Dalam konferensi pers bersama dengan Netanyahu, Blinken membahas beberapa topik: ancaman Iran, komitmen teguh AS terhadap keamanan Israel, pentingnya mewujudkan visi solusi dua negara, serta pentingnya Persetujuan Abraham dan rencana untuk memperluas mereka.

Solusi Dua Negara

Blinken menekankan bahwa pemerintah AS memiliki “tujuan abadi agar warga Palestina dan Israel menikmati ukuran kebebasan, keamanan, kesempatan, keadilan, dan martabat yang setara.”

Dia menambahkan: “Kami terus percaya bahwa cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan mempertahankan dan kemudian mewujudkan visi dua negara. Seperti yang saya katakan kepada perdana menteri, apa pun yang menjauhkan kita dari visi itu menurut penilaian kita merugikan keamanan jangka panjang Israel.”

“Itulah mengapa kami mendesak semua pihak sekarang untuk mengambil langkah-langkah mendesak untuk memulihkan ketenangan, untuk mengurangi ketegangan. Kami ingin memastikan bahwa ada lingkungan di mana kami dapat menciptakan kondisi yang mulai memulihkan rasa aman bagi orang Israel dan Palestina yang tentu saja sangat kurang.”

Setelah serangan sinagoga, Netanyahu meminta lebih banyak warga Israel untuk membawa senjata demi perlindungan dari serangan jalanan.

Menghadapi Ancaman Iran

Netanyahu menekankan selama konferensi pers bersama pentingnya melawan Iran dan mencegahnya memperoleh senjata nuklir.

Dia berkata: “Kunjungan Anda datang pada waktu yang penting. Ini adalah masa ketika banyak komunitas internasional, menurut saya sebagian besar komunitas internasional, telah melihat wajah asli Iran; telah melihat kebiadaban rezim ini terhadap rakyatnya sendiri. Mereka telah melihat bagaimana negara itu mengekspor agresi ke luar perbatasannya, dan ke luar Timur Tengah. Saya pikir ada konsensus umum bahwa rezim ini tidak boleh memiliki senjata nuklir.”

Dia menambahkan: “Kami telah melakukan diskusi yang sangat baik tentang menempa kebijakan bersama, mencoba bekerja sama untuk menggagalkan bahaya…. Kebijakan kami, kebijakan saya adalah melakukan segalanya dalam kekuasaan Israel untuk mencegah Iran memperoleh senjata nuklir dan sarana untuk mengirimkannya. Fakta bahwa kami dan AS bekerja sama adalah sesuatu yang penting untuk tujuan bersama ini juga.”

Blinken setuju dengan Netanyahu tentang pentingnya melawan kegiatan jahat Iran di kawasan itu dan menggunakan kesempatan itu untuk menegaskan kembali kecaman Washington terhadap Teheran yang memasok Moskow dengan senjata yang digunakan dalam perang Rusia di Ukraina.

“Kami setuju bahwa Iran tidak boleh diizinkan untuk memperoleh senjata nuklir. Dan kami membahas memperdalam kerja sama untuk menghadapi dan melawan aktivitas destabilisasi Iran di kawasan dan sekitarnya. Sama seperti Iran telah lama mendukung teroris yang menyerang Israel dan lainnya, rezim mereka sekarang menyediakan drone yang digunakan Rusia untuk membunuh warga sipil Ukraina yang tidak bersalah. Pada gilirannya, Rusia menyediakan persenjataan canggih ke Iran. Ini jalan dua arah,” kata Blinken.

Persetujuan Abraham

Baik Blinken maupun Netanyahu memuji Abraham Accords dan “integrasi” Israel ke wilayah tersebut dan membangun jembatan dengan negara-negara Arab.

UEA, Bahrain, Maroko, dan Sudan menormalisasi hubungan dengan Israel pada tahun 2020 melalui penandatanganan Abraham Accords yang ditengahi AS.

Netanyahu berkata: “Kami juga melihat peluang untuk memperluas lingkaran perdamaian. Kami bermaksud untuk memperdalam perdamaian yang telah kami buat melalui Abraham Accords. Kami membahas beberapa inisiatif yang sedang kami pertimbangkan untuk dilakukan bersama. Tetapi juga, untuk mencapai terobosan dramatis yang menurut saya dapat menjadi bersejarah dan sangat penting dalam upaya bersama kita untuk membawa kemakmuran, keamanan, dan perdamaian ke bagian dunia ini dan seterusnya.” Dia tidak memberikan perincian tentang negara-negara Arab mana Israel dan AS mengincar selanjutnya.

“Saya juga percaya bahwa memperluas lingkaran perdamaian, bekerja untuk menutup arsip konflik Arab-Israel, saya pikir juga akan membantu kami mencapai solusi yang bisa diterapkan dengan tetangga Palestina kami.”

Blinken berkata: “Salah satu cara paling efektif untuk membuat Israel lebih aman adalah terus membangun jembatan di kawasan itu dan bahkan jauh di luar kawasan itu. Itulah mengapa kami bekerja tanpa henti untuk memperdalam dan memperluas Abraham Accords dan perjanjian normalisasi lainnya antara Israel dan negara-negara Arab.”

Dia menambahkan: “Perdana menteri telah berbicara tentang kemampuan kita untuk melakukan hal-hal besar bersama. Nah, integrasi Israel yang lebih besar di kawasan itu adalah salah satunya. Beberapa tahun yang lalu, kerja sama semacam ini tidak terbayangkan. Hari ini benar-benar memupuk peluang baru bagi orang-orang di seluruh negara yang berpartisipasi untuk terhubung, untuk berkolaborasi... Setiap interaksi ini membantu menghilangkan bias dan ketidakpercayaan yang bertahan lama.”

“Kami bertekad untuk terus membangun kemajuan itu, pada isu-isu baru, dengan negara-negara baru, saat kami bekerja untuk memperkuat lingkaran perdamaian.” Namun, Blinken menekankan bahwa perjanjian normalisasi antara negara-negara Arab dan Israel bukanlah pengganti solusi dua negara.

“Upaya ini bukanlah pengganti kemajuan antara Israel dan Palestina. Tapi saat kami memajukan integrasi Israel, kami dapat melakukannya dengan cara yang meningkatkan kehidupan sehari-hari warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza. Dan itu sangat penting dalam bergerak menuju tujuan abadi kami agar warga Palestina dan Israel menikmati ukuran kebebasan, keamanan, kesempatan, keadilan, dan martabat yang setara.” (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home