Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:20 WIB | Selasa, 31 Januari 2023

Biden: Tidak Akan Mengirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

Foto Departemen Pertahanan AS ini memperlihatkan pesawat F-16 Fighting Falcon pada 24 Juli 2013. (Foto: dok. AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan dia tidak akan mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina untuk membantu perangnya melawan penjajah Rusia, tetapi mengatakan dia akan mengunjungi sekutu penting Polandia.

"Tidak," katanya, hari Senin (30/1) ketika ditanya oleh wartawan di Gedung Putih apakah dia mendukung pengiriman jet, yang menurut para pemimpin Ukraina berada di urutan teratas dalam daftar keinginan senjata terbaru mereka.

Negara-negara Barat bulan ini akhirnya setuju setelah divisi serius untuk mengirim tank standar NATO modern ke Ukraina, salah satu senjata paling kuat di tentara konvensional mereka.

Peningkatan dukungan memicu harapan di Kiev bahwa mereka akan segera mulai mendapatkan pesawat tempur F-16 untuk memperkuat angkatan udaranya sendiri yang telah habis, tetapi masalah ini masih menjadi perdebatan di Barat.

Menjelang ulang tahun pertama invasi Rusia pada 24 Februari, ada harapan yang berkembang bahwa Biden dapat melakukan perjalanan ke Eropa sebagai bentuk dukungan untuk aliansi yang mendukung Ukraina. Polandia berada di jantung upaya sebagai pusat logistik, penyedia senjata, dan sekutu utama AS di Eropa Timur.

“Saya akan pergi ke Polandia. Tapi saya tidak tahu kapan,” katanya kepada wartawan ketika ditanya tentang kunjungan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home