Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 12:07 WIB | Jumat, 05 Juli 2013

BMKG: Hujan Diperkirakan Akan Berlanjut Sampai Akhir Juli

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Hujan di Jabodetabek masih akan terus berlanjut sampai akhir Juli, bahkan pada bulan agustus juga diperkirakan masih akan turun hujan dalam intensitas yang lebih rendah. Cuaca hujan yang dialami kali ini potensi banjir hanya dalam tingkat rendah. Demikian menurut pantauan BMKG.

Terdapat variasi curah hujan pada setiap wilayah Jabotabek. Hari ini (5/7) hujan yang turun hampir merata di seluruh wilayah Jabodetabek memiliki intensitas sedang sampai ringan. Kepala BMKG, Sri Woro pada beberapa bulan lalu menyatakan bahwa sifat musim kemarau 2013 adalah kemarau basah di sebagian besar daerah Indonesia.

Lebih dari itu, kondisi air hujan yang turun juga patut dicermati. Beberapa ilmuwan seperti disampaikan dalam Info BMKG edisi Februari bahwa faktor kondisi polusi udara menyebabkan air hujan di Jakarta semakin asam dalam 10 tahun terakhir ini. Kondisi asam tersebut akibat bahan bakar fosil kendaraan bermotor sebagai penyumbang terbesar bagi polusi udara.

Karena cuaca yang demikian, masyarakat juga tetap harus waspada terhadap berbagai bencana yang terjadi akibat cuaca yang tidak menentu, seperti angin kencang yang bisa menumbangkan pohon atau baliho di jalanan, jalan licin yang berpotensi kecelakaan, maupun banjir dan penyakit menular.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home